Aksi Kemanusiaan, Karanganyar Berangkatkan 15 Relawan ke NTB

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

137

SOLO — Pemerintah Kabuapten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah memberangkatkan 15 personel relawan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemberangkatan untuk membantu evakuasi tanggap darurat di lokasi bencana.

15 relawan ini diberangkatkan Rabu (8/8/2018) sore melalui Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Mereka akan melakukan kegiatan tanggap darurat selama empat hari ke depan, yakni hingga Minggu (12/8) nanti.

“Sesampai di NTB, mereka akan bergabung dengan Posko Induk penanganan tanggap darurat di sana. Mereka akan membantu evakuasi korban yang tertimbun atau hal yang sesuai dengan keahlian masing-masing,” kata Bupati Karanganyar di sela pemberangkatan.

Bupati berpesan agar relawan dapat menjaga nama baik Karanganyar. Mereka juga diharapkan berkoordinasi dengan petugas di wilayah tersebut, agar penanganan tanggap darurat dapat berlangsung dengan maksimal.

“Jaga nama baik, jaga soliditas dan kekompakan. Jangan sampai terputus koordinasi satu dengan lainnya,” tegas dia.

Relawan Karanganyar
Sebanyak 15 relawan dari Karanganyar hari ini diberangkatkan bantu evakuasi di NTB. Foto: Harun Alrosid

Menurut politisi Partai Golkar ini, penanganan bencana menjadi tanggung jawab bersama. Seluruh element masyarakat dibutuhkan, baik bantuan tenaga maupun dalam bentuk uang dan barang. Hal itulah yang sempat dialami Karanganyar saat bencana Longsor yang ada di Tawangmangu 2007 silam.

“Bagaimana dulu saat bencana di Mogol, Tawangmangu, relawan dari berbagai daerah datang ke Karanganyar untuk membantu evakuasi. Demikian juga saat ini, saudara kita yang ada di NTB membutuhkan bantuan. Mari kita bantu dengan apa yang bisa kita lakukan,” urainya.

Selain bantuan personel, Pemkab Karanganyar turut mengirimkan puluhan paket bantuan. Paket berisi kebutuhan pribadi orang dewasa, bayi dan balita, peralatan mandi, susu, dan lain-lain. Karanganyar juga membuka penggalangan dana melalui rekening yang akan disalurkan kepada korban yang ada NTB.

“Ini adalah wujud kepedulian kita. Kami akan buka rekening untuk penggalangan bantuan. Diharapkan bantuan yang kita kirimkan ini mampu meringankan sedikit beban mereka yang tengah tertimpa musibah di NTB,” tandas Bupati.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko menambahkan, 15 relawan yang diterbangkan ke NTB terdiri dari enam orang anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, lima orang anggota Tim Search and Rescue (SAR) Karanganyar.

Satu orang anggota SAR Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser), satu orang anggota SAR Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA), satu orang anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), satu orang anggota SAR Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), dan satu orang anggota Sentra Komunikasi (Senkom).

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.