Aktifkan Posyandu, Dinkes Pesisir Selatan Tanggulangi Gizi Buruk

Editor: Mahadeva WS

1.002

PESISIR SELATAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berdayakan Posyandu untuk menanggulangi kasus balita gizi Buruk. Setiap Posyandu yang ada di nagari atau Puskesmas diaktifkan untuk membantu program tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawah mengatakan, Posyandu diminta untuk melayani balita gizi buruk yang ada di wilayahnya. Termasuk melakukan penyuluhan dan pemantauan terhadap semua balita yang ada di wilayahnya. Dinkes menargetkan, di Pesisir Selatan tidak anak penderita gizi buruk. “Gizi bawah garis merah (BGM) merupakan keadaan kurang gizi tingkat berat, disebabkan rendahnya konsumsi energi dan protein, dari makanan sehari-hari. Kondisinya terjadi dalam waktu yang cukup lama,” jelasnya, Jumat (3/8/2018).

Kepala UPTD Puskesmas Lumpo Kecamatan IV Jurai, Hendri Agustin menyebut, pihaknya terus menggencarkan pemantauan terhadap status gizi balita di wilayahnya. Data yang didapat, menjadi bahan pengambilan keputusan dan penyusunan rencana pembinaan gizi bagi balita.

Dari 850 balita yang dipantau di 11 nagari, ditemui 16 balita yang mengalami BGM. Jumlah tersebut, mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Di 2017 dari 886 balita yang dipantau, ada 14 orang yang mengalami BGM. “Perlu saya jelaskan, BGM bukanlah kasus gizi buruk. Tapi bila ini dibiarkan, bisa berlanjut pada kasus gizi buruk,” jelasnya.

Balita yang mengalami BGM di 2017, setelah dilakukan penanganan intensif, semuanya dapat kembali sehat dan normal. Upaya tersebut juga akan dilakukan terhadap 16 balita yang mengalami BGM di 2018. “Pendataan difokuskan pada balita yang sudah dua kali tidak naik berat badan,” katanya.

Sedangkan bagi balita yang tiga kali berturut-turut tidak datang ke Posyandu, akan didatangi langsung ke rumahnya. Jika hasil sweeping menunjukkan anak mengalami gizi buruk, maka petugas gizi di Puskesmas segera menindaklanjutinya melalui penambahan asupan gizi secara gratis.

Baca Juga
Lihat juga...