Ambon-Darwin Jajaki Kerjasama Bidang Kesehatan dan Penanggulangan Bencana

950
Kerjasama Pemkot Ambon-Darwin - Foto: ambon.go.id

AMBON — Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku dan Darwin Australia menjajaki kerja sama bidang kesehatan dan penanggulangan bencana alam.

“Memperluas kerja sama sister city atau kota kembar Ambon -Darwin, kedepan akan dilakukan penjajakan ker jasama dibidang kesehatan dan penanggulangan bencana alam,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Darwin, Kon Vatskalis, di Darwin, Jumat (3/8/2018).

Ia mengatakan, kerja sama yang dilakukan merupakan upaya Pemerintah Kota Ambon untuk menjaga hubungan baik dengan pemerintah kota Darwin.

“Kerja sama yang telah terjalin selama ini dibidang pendidikan yakni pertukaran siswa, serta lomba perahu layar Darwin – Ambon yacht race, selanjutnya akan diperluas dibidang lain,” katanya.

Pemkot Ambon, kata Richard, terus melakukan upaya membangun kerja sama yang potensial, bagi kemajuan Kota Ambon ke depan.

“Kita berharap kerja sama dibidang kesehatan akan memotivasi tenaga kesehatan kita untuk terus belajar dan bekerja secara profesional,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Darwin, Kon Vatskalis, mengapresiasi dan mendukung rencana kerjasama Pemerintah Kota Ambon di bidang kesehatan dan penanggulangan bencana alam.

Ia mengakui, selama ini hubungan kerjasama antara pemerintah Darwin dan kota Ambon, berjalan lancar, dibuktikan dengan pertukaran siswa dan lomba perahu layar Darwin-Ambon, yang digelar setiap tahun.

Khusus untuk kerjasama di bidang kesehatan, Darwin siap menjajaki itu dengan melakukan pertukaran tenaga kesehatan Darwin ke Ambon.

“Pertukatan tenaga kesehatan akan dimulai dengan praktek dan mengajarkan siswa maupun mahasiswa kesehatan di Ambon, begitupun sebaliknya tenaga kesehatan Kota Ambon ke Darwin,” tandasnya.

Sedangkan kerjasama penanggulangan bencana, lanjut Vatskalis, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian, karena penanggulangan bencana di Darwin ditangani langsung oleh aparat kepolisian. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...