Anies Serahkan Sosok Pengganti Wagub ke Partai Pengusung

Editor: Mahadeva WS

225
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Foto Lina Fitria

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tidak memiliki kriteria khusus calon pengganti Wakil Gubernur nonaktif Sandiaga Uno. Anies memilih menerima siapapun yang diajukan partai pengusung. 

“Enggak ada yang khusus. Saya percaya partai pasti mengusulkan orang-orang matang, yang siap bekerja bersama di Pemprov. Dan saya siap-siap saja,” kata Anies, Jumat (31/8/2018).

Anies tidak memberikan syarat khusus, untuk calon pasangannya untuk memimpin DKI Jakarta. Dia yakin, PKS dan Gerindra sudah memasang kriteria tinggi, untuk mencari pengganti sosok Sandiaga di kursi Wagub DKI. Mengenai, syarat sosok wagub pengganti tidak pernah terlibat korupsi, Anies memilih enggan menjawabnya. “Salah satunya bisa menjawab doorstop kapan saja. Gitu kan,” tandas Anies.

Hanya saja, hingga saat ini, belum ada satu pun parpol pengusung, memunculkan nama kepadanya. Menurutnya, seluruh parpol menunggu keputusan Presiden terkait surat pengunduran diri Sandiaga. “Belum. Mereka enggak bisa mengajukan nama sebelum ada ketetapan dari Presiden bahwa pengunduran diri Pak Sandiaga Uno sah,” tambahnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno membeberkan kriteria calon pengganti Dirinya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, yang terpenting, pengganti dirinya dapat amanah dan mampu bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta. “Saya serahkan kepada mekanisme peraturan yang berlaku. Saya berharap yang terpilih jauh lebih baik dari saya, dan bisa bantu Pak Anies untuk mewujudkan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya,” kata Sandi.

Sandiaga Uno telah resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sandi membacakan secara langsung surat pengunduran dirinya, dihadapan anggota DPRD DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di rapat paripurna.

Baca Juga
Lihat juga...