Api Obor Asian Games Masuk ke Lobang Jepang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.259

BUKITTINGGI — Api obor Asean Games 2018 yang sudah sampai di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat ikut memasuki lobang jepang bersama rombongan yang mengarak.

Lobang jepang, salah satu objek wisata sejarah yang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.

Wagub Nasrul Abit menjelaskan, Api obor Asean Games 2018 yang dibawa masuk ke lobang jepang mengisyaratakan sejarah perjuangan bangsa menjadi kekuatan untuk meraih prestasi terbaik anak bangsa para atlit Indonesia dalam Asian Games 2018.

“Kita doakan para atlit Indonesia mampu berprestasi meraih medali sebanyak-banyak dengan prestasi menjadi kebanggaan Indonesia,” ujarnya di Bukittinggi, Kamis (2/8/2018).

Disebutkan juga, arak-arakan api obor merupakan semangat memeriahkan penyelenggaraan Asian Games 2018. Setelah 56 tahun, Indonesia kembali menjadi tuan rumah .

“Ditunjuknya Bukittinggi menjadi inspirasi bagi kemajuan wisata di Sumatera Barat menuju wisata dunia. Bukittinggi juga merupakan kota sejarah perjuangan baik zaman penjajahan Belanda maupun masa pendudukan Jepang,” katanya,

Api obor saat sampai di Kota Bukittinggi. Foto: Ist

Sementara itu Menristekdikti, Mohamad Nasir mengatakan, pengarakan obor api Asian Games 2018 itu untuk membangkitkan energi, kekuatan dan semangat Indonesia agar mampu meraih yang terbaik. Dimana sepanjang gelaran, Indonesia baru mampu meraih posisi runner up pada 1962.

“Kita berharap di Asian Games 2018, patriot olahraga Indonesia mampu meraih prestasi yang terbaik. Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi terbaik,” ujarnya.

Ia juga menyinggung tentang keberhasilan Muhammad Zohri yang mampu menjadi pelari tercepat dunia. Semangat itu, diharapkan menjadi inspirasi bagi atlet lainnya untuk kebanggaan bangsa dan negara.

Terkait, penyelenggaraan arakan api Obor Asian Games di Bukittinggi, menurutnya, dapat menjadi perhatian dunia, bahwa ada satu kota cantik yang sejuk sebagai wisata dunia.

Sementara itu, artis sekaligus atlet wushu, Olivia Zalianty juga terlibat aktif dalam kirab api obor Asian Games 2018 di Kota Bukittinggi. Kurang lebih sejauh 1,4 KM Olivia berlari di dalam lobang jepang yang merupakan peninggalan zaman perang tersebut.

Usai dari lobang Jepang, Olivia kembali lagi berlari dengan tanjakan ekstrem di kawasan panorama.

Olivia mengakui, sebelumnya dirinya juga menjadi pembawa obor saat torch relay di danau Toba. Diakuinya, setiap daerah di Indonesia memiliki tempat sejarah dan wisata berbeda.

“Kalau di toba ekspresinya beda, tradisinya terasa. Di sini (Bukittinggi) antusiasnya lebih banyak,” ujarnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.