Atlet Bulu Tangkis Karanganyar Juara Asia Junior Championships

Editor: Koko Triarko

132
SOLO – Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, patut berbangga dengan generasi mudanya. Pasalnya, kabupaten yang ada di lereng Gunung Lawu sisi barat ini melahirkan atlet bulutangkis muda berprestasi hingga mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 
Dia adalah Ribka Sugiarto, dara 18 tahun, mampu mencatatkan namanya di pentas dunia. Berpasangan dengan pebulutangkis asal Jember, Febriana Dwipuji Kusuma, ganda putri ini berhasil meraih satu-satunya gelar bagi Indonesia pada 2018 Asia Junior Championships yang digelar di Jakarta pada 14-22 Juli, lalu.
Pasangan Ribka-Febriana menjadi juara hanya dalam waktu 20 menit, setelah mengandaskan pasangan Malaysia, Pearly Koong Le Tan/Ee Wei Toh, dengan skor 21-12, 21-16.
Sebelum melesat ke final, Ribka-Febriana berhasil menyingkirkan unggulan pertama asal Tiongkok, Liu Xuanxuan/Yuting Xia, dengan rubber-game 25-23, 14-21, dan 21-15. Liu/Xia merupakan peraih medali perak pada Asia Junior Championships setahun silam.
“Atas torehan prestasi ini, kami memberikan penghargaan sebesar Rp60 juta kepada Ribka dan Febriana saat pembukaan acara Audisi Umu mDjarum Beasiswa Bulutangkis 2018, di GOR RM Said Karanganyar. Keduanya juga mendapatkan lemari es dua pintu dari Polytron,” papar Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, saat sesi jumpa pers di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (4//8/2018).
Menurut Yoppy,  di usianya yang masih muda, Ribka dan Febriana sudah menjadi pasangan potensial bagi skuat Merah Putih. Dua atlet spesialis ganda ini telah bersinar di sejumlah kejuaraan di tingkat nasional hingga meraih predikat Pemain Terbaik PB Djarum 2016. Sejak keduanya bergabung di Pelatnas PBSI pada 2017, gelar demi gelar dipersembahkan oleh Ribka dan Ana (sapaan akrab Febriana) bagi Indonesia.
Apresiasi terhadap prestasi Ribka juga datang dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar, kampung halaman Ribka. Bupati Karanganyar Juliyatmono secara khusus memberikan penyambutan dan pujian terhadap Ribka sebagai putra daerah.
“Ribka adalah kebanggaan kita, warga Karanganyar. Ribka sudah melakukan dan membuktikan kepada kita semua. Harapan kita adalah keberhasilan Ribka ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak di Indonesia di masa depan, untuk bisa meraih prestasi seperti dia,” ucap Juliyatmono, yang juga merupakan Ketua PBSI Kabupaten Karanganyar.
Perolehan satu medali emas hasil perjuangan Ribka/Febriana di 2018 Asia Junior Championships, merupakan peningkatan bagi skuat Merah Putih. Tahun ini, Indonesia meraih lima medali, yang terdiri dari satu emas serta empat perunggu. Sementara setahun lalu, tim Merah Putih meraih satu perak dan dua perunggu, satu di antaranya juga diraih Ribka.
“Saya berterima kasih atas dukungan semua pihak, terutama dari PB Djarum dan juga Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Semoga saya bisa terus menjadi juara dan prestasi yang lebih banyak lagi,” tutur Ribka.
Hal senada dilontarkan Febriana, yang mengungkapkan kegembiraannya bisa meraih gelar juara 2018 Asia Junior Championships. “Tentu senang sekali bisa meraih gelar juara. Dengan apresiasi ini, semoga saya semakin semangat berlatih dan punya keyakinan tinggi untuk meraih prestasi lebih baik lagi,” tandas Febriana, yang bergabung dengan PB Djarum pada 2013.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.