Bantu Korban Gempa, Siswa MTsM 1 Kota Malang Turun ke Jalan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

193

MALANG — Kepedulian terhadap sesama sudah selayaknya ditanamkan sejak ini. Seperti halnya yang dilakukan ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) 1 kota Malang yang melakukan aksi turun ke jalan, guna menggalang dana untuk  korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kepala sekolah MTs Muhammadiyah 1 Malang, Abdul Wahid mengatakan, aksi  sengaja dilakukan agar para siswa belajar peka dengan berbagai kejadian yang ada. Khususnya kejadian gempa bumi yang baru-baru ini terjadi di wilayah lombok, yang banyak menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Kepala sekolah MTS Muhammadiyah 1 Malang, Abdul Wahid. Foto: Agus Nurchaliq

“Kami ingin menunjukkan bahwa anak-anak ini juga punya jiwa sosial yang tinggi. Kita ingin mengajak mereka turut merasakan apa yang dirasakan para korban di Lombok, yang saat ini sedang kesusahan yang luar biasa akibat bencana gempa bumi,” jelasnya, Kamis (9/8/2018).

Dikatakan, tidak hanya sekali ini saja mereka melakukan penggalangan dana, tapi ketika ada isu-isu hangat tentang kemanusiaan, mereka juga melakukan aksi penggalangan dana seperti kejadian tragedi kemanusiaan di Rohingya kemarin.

“Untuk aksi kali ini, siswa yang ikut berjumlah 207 siswa mulai dari kelas tujuh hingga kelas sembilan, ditambah juga dengan 20 orang guru,” ujarnya.

Selain menggalang dana dari masyarakat, khususnya para pengendara di jalan raya Tlogomas Kota Malang, pihaknya juga telah melakukan penggalangan di lingkup sekolah.

Sedangkan untuk penyaluran dana yang diperoleh, akan diserahkan kepada Lazizmu yang nantinya akan langsung disalurkan kepada korban.

Lebih lanjut Wahid menyatakan, di zaman sekarang masih cukup sulit untuk mencari orang yang benar-benar peduli.

“Untuk itu dengan adanya aksi ini diharapkan bisa menjadi pemicu para siswa dan guru lebih peduli terhadap sesama,” ucapnya.

Sementara itu, dengan membawa berbagai tulisan, para siswa melakukan orasi dan pembacaan puisi yang menggambarkan penderitaan para korban gempa Lombok.

Baca Juga
Lihat juga...