Bunga Bangkai Taman Buah Mekarsari Segera Mekar

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.166

BOGOR – Menjelang hebohnya gelaran Asian Games, ternyata Taman Buah Mekarsari (TBM) juga punya sesuatu untuk dipamerkan kepada masyarakat. Kurang lebih 3 minggu lagi, bunga bangkai titanum akan mekar sempurna.

Amorphophallus titanum, salah satu spesies dari bunga bangkai yang dikembangkan di TBM, saat ini sudah tumbuh sekitar 50 cm. Staf Perawatan TBM, Sodikin, menyatakan tunas ini dipindahkan dari habitat aslinya ke posisi depan TBM dari lingkungan awalnya agar dapat dilihat oleh pengunjung.

“Lingkungan sebenarnya itu harus lembab, ya di bawah suhu kamar begitu. Tapi ini kan sudah masuk periode pengembangan bunga saja, sehingga kami pindahkan untuk memudahkan pengunjung melihat. Kalau di habitat aslinya kan rada susah,” kata Sodikin, saat ditemui di Area Information Hall TBM, Jumat (3/8).

Markom TBM Firman Setiawan – Foto Ist

Sadikun menjelaskan bahwa bunga bangkai memiliki 2 fase dalam kehidupannya, yaitu fase vegetatif dan fase generatif.

“Bunga bangkai ini berawal dari umbi. Saat dalam fase vegetatif, dia akan bertumbuh dalam bentuk pohon dengan daunnya. Nanti setelah melewati fase dorman atau tidur, sekitar 2 tahun, baru masuk ke fase generatif, dimana bunga akan muncul,” paparnya.

Proses pertumbuhan dari umbi hingga menjadi bunga, menurut Sadikun, itu sekitar 3 tahun. Dan dalam kondisi habitat yang sempurna kelembabannya, sebuah bunga bangkai akan mampu berkembang hingga 3 meter dengan diameter kelopak bunga sekitar 1,5 meter.

“Dalam waktu kurang lebih 3 minggu ini, spadik atau tongkol bunga akan berkembang hingga mampu mencapai ketinggian sekitar 1,5 meter. Baru mekar. Diameter kelopak bunganya pun mampu mencapai 70-100 cm. Kalau kondisi habitatnya menunjang, mekarnya bisa maksimal 90 derajat. Tapi bisa saja hanya 45 derajat karena faktor ketidakcocokan lingkungan,” ucap Sodikin.

Setelah mekar sempurna, pengunjung bisa dapat melihat mekarnya bergantung pada masa penyerbukan bunga.

“Kalau bunga mekar, kan jadi banyak serangga yang datang. Jadi kalau cepet proses penyerbukkannya, maka dalam 1-2 hari sudah mulai proses penguncupannya. Jadi memang waktu mekar sempurnanya pendek. Tapi pengunjung masih tetap bisa melihat proses kuncupnya,” kata Sodikin.

Saat ini, TBM memang banyak menyebarkan bibit bunga bangkai ini di dalam penangkaran. Tapi memang masih dalam proses vegetatif. Sehingga belum bisa dipastikan kapan.

“Saat ini semuanya masih dalam tahap remaja. Kalau masuk masa dewasa, pohon bunga bangkai ini bisa mencapai 2 meter dengan diameter batang mencapai ukuran paha orang dewasa,” papar Sodikin.

Markom TBM, Firman Setiawan, menyatakan, akan memanfaatkan masa mekarnya bunga bangkai titanum ini untuk memberikan edukasi tentang bunga bangkai.

“Tidak ada seremonial khusus sih. Hanya kita akan publikasikan tentang perkiraan kapan bunga ini akan mekar. Nanti, kita akan edukasi pengunjung terkait proses tumbuh kembang dari bunga bangkai ini,” ucap Firman.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.