China Jumpa Jepang di Final Sepak Bola Putri Asian Games

PALEMBANG — Tim sepak bola putri China akan berjumpa Jepang pada final Asian Games 2018 setelah mengalahkan Chinese Taipei 1-0 (0-0) pada pertandingan semifinal di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (28/8/2018).

Gol kemenangan China dicetak pemain penyerang Wang Shanshan pada menit ke-51 babak kedua memanfaatkan kemelut di sisi kiri gawang Chinese Taipei yang dikawal kiper Tsai Mingjung.

Pertemuan China dengan Jepang sudah diprediksi sejak keduanya melaju ke babak semifinal. Pada partai puncak perebutan medali emas keduanya akan bertanding di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring pada Jumat (31/8).

Sementara itu tim Jepang yang merupakan tim peringkat ke-6 dunia FIFA lolos ke final setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1 (1-0) pada pertandingan sebelumnya yang juga digelar di stadion itu.

Berbeda dengan penampilan di penyisihan fase grup dan perempat final yang digelar di Stadion Bumi Sriwijaya, pertandingan semifinal dan final digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Kompleks Jakabaring Sport City.

Pada pertandingan semifinal, China yang dimotori kapten tim Wu Haiyan dan pemain PSG Woman Wang Shuang itu mengurung pertahanan Chinese Taipei, dan memaksa kiper Tsai Mingjun jatuh bangun mengamankan gawangnya dalam sejumlah kemelut.

Hampir sepanjang pertandingan tim Negeri Tirai Bambu itu mengurung pertahanan Chinese Taipei yang dipaksa memasang lima pemain bertahan dengan statistik penguasaan bola 72 persen di bawah kendali China. Sebaliknya kiper jangkung andalan China Zhong Lina dengan tinggi 188 centimeter lebih banyak menganggur dan kerap memilih keluar area garis gawang.

Lihat juga...