Dalami TPPU, KPK Pindahkan Lokasi Penahanan Wawan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

295
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta. Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memindahkan lokasi penahanan terpidana Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin ke Rumah Tahanan KPK.

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah menyebutkan, pemindahan tersebut hanya bersifat sementara, untuk pengembangan penyidikan kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Pemindahan terpidana Wawan dari Lapas Sukamiskin menuju Rutan KPK Kavling C1 karena kebutuhan penyidikan TPPU. Wawan dipindahkan sejak hari ini hingga 24 Agustus mendatang,” jelasnya di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Diterangkan, Wawan telah ditetapkan sebagai tersangka TPPU pada 10 Januari 2014 lalu. Penetapan dilakukan setelah penyidik melakukan penelusuran terhadap 1.200 paket lelang proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten di wilayah Banten, yang diikuti sekitar 300 perusahaan.

KPK meyakini ratusan perusahaan tersebut diduga sering digunakan Wawan bersama anak buahnya untuk memenangkan sejumlah proyek di wilayah Banten.

“Penyidik meyakini bahwa yang bersangkutan telah memenangkan kontrak sebanyak 1.200 lelang tender proyek pembangunan dalam kurun waktu antara 2002 hingga 2013. Di antaranya proyek pembangunan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemerintah Kota Tangerang Selatan hingga Pemerintah Kabupaten Pandeglang,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...