Dari Jatah 560 Bacaleg di Sikka, Hanya 471 Nama yang Diajukan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.533

MAUMERE — Dari 560 orang jatah atau kuota bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang tersebar di empat Daerah Pemilihan (Dapil), 16 partai politik hanya memasukan sebanyak 461 nama untuk bertarung dalam Pemilu tahun 2019 nanti.

“Tidak semua partai politik memasukan daftar Bacalegnya sesuai kuota yang ada, sebanyak 35 orang. Mungkin kekurangan kader atau tidak bersedia menjadi calon legislatif,” sebut juru bicara KPU kabupaten Sikka, Fery Soge, Rabu (1/8/2018).

Dikatakan Fery, dari 16 Partai Politik (Parpol) yang terdaftar, hanya tujuh parpol yang genap memasukan, yakni Demokrat, Golkar, Nasdem, PAN, PDIP, PKB dan Hanura.

jubir KPU Sikka
Juru bicara KPU kabupaten Sikka, Fery Soge. Foto : Ebed de Rosary

“Sembilan Parpol lainnya di bawah jatah kuota yang ditentukan berkisar antara 11 hingga 34 nama. PBB hanya memasukan 11 nama saja,” ungkapnya.

Selain PBB, tambah Fery, PPP memasukan 14 nama, Berkarya 15, Garuda 20, PKS 32, Gerindra dan Perindo masing-masing 33 nama serta PSI dan PKPI sebanyak 34 nama.

“Setelah tahapan keempat, KPU Sikka akan melakukan verifikasi perbaikan mulai 1 hingga 7 Agustus 2018. Tahap keenam, penyusunan DCS akan dilakukan 8 hingga 12 Agustus 2018,” bebernya.

Fery juga menyebutkan, ada beberapa calon yang dalam surat tes kejiwaannya dikembalikan dan memerlukan perbaikan. KPU Sikka juga telah berkonsultasi dengan dokter ahli kejiwaan yang menangani hal ini untuk mengetahui kejelasan hasil pemeriksaan.

“Dokter dari rumah sakit menyatakan mereka ada gejala psikotik dan lainnya. Setelah dicek ulang dan dilakukan wawancara, dijelaskan bahwa nama tersebut layak untuk dicalonkan menjadi anggota dewan,” ungkapnya.

Baca Juga
Lihat juga...