DCS Tanjungpinang Tidak Ditanggapi Masyarakat

156
Ilustrasi warga mencermati DCS - Dokumentasi CDN

TANJUNGPINANG – Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2019 di Kabupaten Tanjungpinang, Riau, tidak direspon masyarakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menyebut, tidak ada seorang warga-pun yang memberi tanggapan terhadap politisi yang masuk dalam DCS.

“Nihil tanggapan masyarakat terhadap caleg. Kami tidak tahu mengapa hal itu terjadi, yang jelas kami sudah menyosialisasikan dan memfasilitasi masyarakat untuk melaporkan caleg yang masuk DCS,” kata Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution.

Aswin menyebut, tahapan tanggapan masyarakat terhadap caleg dibuka mulai 12-21 Agustus 2018. KPU Tanjungpinang menyiapkan kotak untuk menampung tanggapan masyarakat, yang dijaga seorang petugas. Kotak tanggapan masyarakat diletakan di halaman Kantor KPU Tanjungpinang dan baru dibuka pada Jumat (24/8/2018).

Pembukaan kotak tersebut disaksikan pihak kepolisian, dan kejaksaan. “Setelah dibuka ternyata nihil, tidak ada surat masuk,” tandasnya.

Dengan telah dibukanya kotak tanggapan, KPU Tanjungpinang tidak lagi menerima surat yang berisi tanggapan masyarakat terhadap caleg. Namun demikian, masyarakat masih melaporkan caleg kepada Bawaslu Tanjungpinang untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku. Rekomendasi dari Bawaslu Tanjungpinang wajib ditindaklanjuti KPU sesuai ketentuan yang berlaku. “Bahkan setelah Daftar Caleg Tetap ditetapkan, pencalonan caleg dapat digugurkan jika direkomendasi Bawaslu Tanjungpinang,” katanya.

Sebelumnya, KPU Tanjungpinang menyatakan jumlah caleg yang masuk DCS sebanyak 414 orang. Sebanyak 17 orang bacaleg tidak memenuhi persyaratan. Tujuh bacaleg dari berbagai partai juga tidak memenuhi persyaratan. Rata-rata tidak menyerahkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.