Festival Muara Baru Ingatkan Indonesia Negara Kepulauan

Editor: Koko Triarko

1.492
JAKARTA – Festival Muara Baru di Jakarta, digelar sebagai upaya menjadikan pelabuhan sebagai ikon Kota Jakarta yang bersih dan nyaman. 
“Kita berharap, festival ini mendorong kesadaran lebih jauh. Pekerjaan rumah kita banyak yang terkait kelautan dan perikanan di Jakarta. Kami harap, kegiatan ini mengingatkan kita, bahwa Indonesia dan Jakarta bagian dari kepulauan, bukan sekadar kota yang ada di tengah-tengah kontinen,” kata Gubernur DKI Anies Baswedan, saat mendampingi Menteri KKP, Susi Pudjiastui di Muara Baru, Sabtu (11/8/2018).
Gubernur mengapresiasi digelarnya festival Muara Baru yang baru pertama kali diadakan satu bulan penuh, mulai dari 17 Juli hingga 17 Agustus 2018. Dia ingin, masyarakat memiliki kesadaran, bahwa Ibu Kota Jakarta berada di tepi pulau dan panta,
“Kita ingin Jakarta memiliki kesadaran, bahwa ibu kota kita terletak di tepi pulau, posisinya berada di tepi pantai. Kita sambut terus, apalagi kaitannya dengan Asian Games. Persis hari Sabtu pekan depan ini kita jadi tuan rumah Asian Games. Dan, banyak iven-iven Asian Games diselenggarakan dari sisi utara Jakarta. Ada delapan lokasi di Jakarta yang akan menjadi pusat kegiatan Asian Games ini,” jelasnya.
Guna mensukseskan Asian Games 2018, DKI Jakarta sebagai tuan rumah, Anies menyampaikan agar segala potensi sumber daya alam, kearifan lokal, serta tempat-tempat tujuan wisata di pesisir utara Jakarta, dijaga, serta dikembangkan sebaik-baiknya.
Menurutnya, ciri khas kota Jakarta sebagai bagian dari sebuah kepulauan, patut dilestarikan, agar menjadi tujuan wisata, khususnya kepada para duta olahraga, pewarta, ofisial, serta tamu wisatawan penggemar olahraga dari Asia.
“Festival ini mengingatkan kembali, Indonesia dan Jakarta bagian dari sebuah kepulauan. Kita ingin nanti kawasan pesisir Jakarta bisa menyambut para atlet. Kota tua salah satu destinasi utama bagi atlet dan ofisial yang mengikuti Asian Games. Dari sana dengan mudah sekali ditarik untuk datang ke sekitar pesisir Jakarta. Banyak sekali kesempatan untuk kita menunjukkan sisi lain dari Jakarta,” katanya.
Pemprov DKI mendukung penuh dan memfasilitasi festival ini, dan terus bersinergi dengan Perindo melalui Wali Kota Administrasi Jakarta Utara.
Festival Muara Baru 2018 diinisiasi Perum Perindo dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) PPSNZJ, untuk menyambut ulang tahun ke-34 PPSNZJ ke-34 yang jatuh pada 17 Juli, sekaligus digelar untuk menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI.
Festival ini bertujuan untuk memperkuat posisi Muara Baru sebagai ikon DKI Jakarta, terkait pelabuhan perikanan yang bercitra sehat, bersih, dan nyaman. Serta menjadi pelabuhan perikanan yang mampu bertransformasi menjadi pelabuhan berintegritas.
Sejumlah kegiatan digelar untuk menyemarakkan puncak festival, seperti zumba, lomba masak ikan oleh juru masak nelayan kapal, makan ikan gratis, kompetisi perahu naga, lomba foto Instagram, dan donor darah.
Festival ini juga dilengkapi dengan area bermain anak dan lomba mewarnai untuk diikuti oleh anak usia 12 tahun ke bawah dengan hadiah menarik.
Baca Juga
Lihat juga...