hut

FPNG Terus Tanam Bakau di Kawasan Holtekam

Hutan Bakau, ilustrasi -Dok: CDN
JAYAPURA – Forum Port Numbay Green (FPNG), terus menanam bakau di kawasan mendung di Holtekam, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. Ketua FPNG, Fredy Wanda, mengatakan, pihaknya terus menanam bakau di kawasan itu untuk menggantikan ratusan pohon bakau yang dibabat untuk jalan, namun lokasi itu tidak cocok.
“Pada pertengahan Agustus 2018, kami ada tanam sekitar 400 pohon bakau,” katanya, Jumat (24/8/2018).
Menurutnya, bibit bakau itu diambil darii Hutan Bakau Henyaan, Entrop, Distrik Jayapura Selatan, sekitar empat karung lebih.
“Kita ambil tunas bakau, tapi kita ambil buahnya untuk ditanam, karena saya sudah beberapa kali bikin penanaman dengan buah, berhasil,” ujarnya.
Kala itu, sebutnya, penanaman dilakukan di sekitar kawasan hutan bakau menduk, khususnya difokuskan lokasi bakau yang dibabat untuk jalan Hamadi-Holtekam, namun lokasi itu tidak digunakan.
“Lokasi itu selalu ditanami bakau, bibit yang ditanam kalau kering kita tanam lagi,” lanjutnya.
Penanaman itu dilakukan dalam rangka memperingati hari bakau dunia yang jatuh pada 26 Juli 2018, kemudian hari sungai nasional pada 27 Juli 2018.
“Kebetulan waktu itu kita di FPNG bergabung dengan komunitas sungai dan pesisir,” ujarnya.
Tapi juga bekerja sama dengan kurang lebih 90 komunitas peduli lingkungan di Jayapura, beserta Balai Wilayah Sungai untuk melakukan penanaman.
“Kami juga sudah bekerja sama dengan Balai Wilayah Sungai di Jayapura,” katanya.
Ia menambahkan, penanaman bakau ini rutin dilakukan di daerah pesisir, jika ada iven-iven yang berkaitan dengan lingkungan. (Ant)
Lihat juga...