hut

Garuda Journey, Semangat Nasionalisme Melalui Karya Seni

Editor: Mahadeva WS

Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM., Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta (Foto Akhmad Sekhu)

JAKARTA – Urban Storming dari Fakultas Desain dan Seni Kreatif Universitas Mercu Buana, bekerjasama dengan Galeri Nasional Indonesia, menggelar pameran bertajuk ‘Garuda Journey: Menakar Cinta Terhadap NKRI’.

Pameran digelar 3-28 Agustus 2018, untuk mengingatkan publik, salah satu substansi penting kehadiran karya seni rupa adalah untuk memotret gejala dan dinamika sosial, yang tengah terjadi di lingkungan sekitarnya. “Urban Storming merupakan pameran dari Fakultas Desain dan Seni Kreatif Universitas Mercu Buana, yang telah dilakukan untuk kedua kalinya,” ungkap Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM., Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta saat membuka pameran lukisan ‘Garuda Journey: Menakar Cinta Terhadap NKRI’, di Gedung C Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018) malam.

Fenomena kaum urban Indonesia, terutama di Jakarta, warganya terdiri dari bermacam-macam daerah, dengan budaya yang berbeda-beda. Perbedaan budaya tersebut menghasilkan ciri khas yang berbeda-beda pula. Masyarakat urban yang banyak dipengaruhi teknologi, memunculkan budaya kaum urban terlihat sangat dipengaruhi oleh perkembangan zaman.

Perbedaan budaya dan perkembangan zaman, tidak menghalangi kebersamaan di Indonesia. “Kaum urban dengan segala fenomena tetap memegang persatuan yang mengekspresikan karya-karyanya yang bersember dari ideologi tersebut,” tambahnya.

Pameran bertajuk ‘Garuda Journey’ menjadi bagian dari Urban Storming diadakan setiap tahun oleh Fakultas Desain dan Seni Kreatif Universitas Mercu Buana, untuk mengajak kaum muda mengekspresikan rasa cinta tanah air melalui karya seni rupa. Pesan dari Garuda bukan hanya sebagai ideologi bangsa, tetapi juga melekat pada sanubari bangsa yang tercurah melalui proses berkarya putra-putri bangsa.

“Pameran ini diikuti oleh dosen, mahasiswa dan alumni Fakultas Desain dan Seni Kreatif Universitas Mercu Buana dengan tema ‘Garuda Journey’ diharapkan dapat menginspirasi masyarakat,” harapnya.

Arissetyanto menilai, karya seni merupakan keindahan yang lahir dari sebuah kreatifitas seseorang. Karya tersebut memperlihatkan keragaman perjalanan bangsa, dari sudut pandang kaum muda yang memandang ideologi Pancasila dan memperlihatkan kecintaan pada negeri ini,” paparnya.

Pameran digelar untuk menyampaikan semangat nasionalisme melalui karya seni. “Semoga pameran ini menjadi kesinambungan dan juga dapat melahirkan ruang-ruang diskusi serta dialektika melalui karya serni dalam bingkai NKRI,” pungkasnya.

Lihat juga...