Gelar Bazar, UKM di Bali Kumpulkan Donasi untuk Lombok

Editor: Mahadeva WS

172

BADUNG – Bencana Gempa Bumi yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi duka bersama seluruh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali seperti yang dirasakan oleh pelaku Usaha Kecil Menangah (UKM) di Bali.

Dengan kemampuan yang dimiliki, pelaku UKM di Bali, menggalang donasi untuk membantu korban bencana yang menelan korban ratusan orang serta menghancurkan ribuan rumah milik warga tersebut. Uniknya, pengumpulan donasi dilakukan dengan membuat stand bazar sehari. Di bazar tersebut, dijual berbagai produk UKM seperti kopi, busana, serta berbagai lukisan dan makanan.

Paul Amron Yuwono, Ketua pelaksana menjelaskan, upaya tersebut dilakukan dengan mengumpulkan komunitas pengusaha dan seniman. Kegiatan tersebut sengaja digelar, untuk peduli terhadap bencana yang menimpa di Lombok. Ada 20 vendor komunitas kecil dan besar, serta seniman di Bali ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

Hasil dari penjualan tersebut akan didonasikan. “Banyak temen-temen yang target kan mencapai Rp100 juta. Yang pasti sudah banyak yang membantu. Kita fokus bantuan finansial,” kata Paul Amron Yuwono, Sabtu, (25/8/2018).

Menurut Paul, stand bazar tersebut, sistemnya mengambil sebagian keuntungan dari hasil penjualan, yaitu 20 persen. Namun sebagian besar, pelaku UKM mendonasikan 100 persen keuntungannya untuk membantu kegiatan tersebut. “Nantinya dana tersebut akan disalurkan ke Lombok melalui Diaspora Indonesia,” kata Paul.

Executive Director Indonesian Diaspora, Hamdan Hamedan menyambut baik langkah tersebut. Ia menambahkan, Diaspora Indonesia juga sudah melakukan penggalangan dana di empat tempat yakni Bali, Den Hag, San Fransisco, dan Los Angles.

Penggalangan dana melalui online tersebut, terkumpul sekitar 4.800 US Dollar. “Nantinya kita akan terjun langsung ke masyarakat dengan menanyai apa yang dibutuhkan, kemudian kita garap. Proses penggarapan bantuan atau pun penyaluran dana akan kita pantau terus, agar para donatur tahu, bahwa dana tersebut sudah benar-benar tersalurkan. Kami akan targetkan bantuan, yang orang lain belum bisa bantu, dengan sistem yang jelas,” ungkapnya.

Indonesia Diaspora Network United adalah perkumpulan orang Indonesia yang berkomunikasi melalui Internet. Perkumpulan tersebut tersebar di 90 negara, dan mempunyai visi misi untuk kemanusiaan. Salah satu contoh dengan aksi sosial untuk membantu bencana di Lombok.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.