Gempa Lombok Tidak Pengaruhi Pembangunan Infrastruktur Jelang IMF

Editor: Makmun Hidayat

271

DENPASAR — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan gempa bumi di yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa hari kemarin, tidak akan mempengaruhi kegiatan Annual Meeting IMF Oktober mendatang.

Ia memastikan semuanya sesuai dengan jadwal, termasuk pengerjaan beberapa infrastruktur sebagai pendukung kegiatan tersebut akan rampung sebelum acara itu digelar.

“Kami selaku Pemerintah akan bergerak cepat dalam proses recovery pascagempa. Dan kami sudah bangun komunikasi dengan semua pihak untuk memperbaiki semua fasilitas yang rusak seperti pelabuhan dan fasilitas lain akan selesai selama sebulan kedepan. Tentu kami tidak melupakan aspek penanganan terhadap para pengungsi,” ucap Menko Luhut saat mengunjungi Pelabuhan Benoa, Denpasar, Rabu (8/8/2018) sore.

Menurut Luhut, Pembangunan infrastruktur di beberapa tempat yang rencananya akan dikunjungi oleh para delegasi termasuk di Bali, sudah mengalami progres. Seperti yang terlihat proses pengerjaan proyek pendalaman alur laut di Pelabuhan Timur Benoa. Saat ini sedang dikerjakan pendalaman alur laut jalur kapal pesiar sedalam 12 meter.

Diperkirakan proyek ini akan selesai di akhir bulan September mendatang. Termasuk pembangunan gedung terminal akan selesai Maret tahun depan 2018.

“Kami juga akan melakukan pembersihan di dermaga nelayan tepatnya di pelabuhan barat Benoa dari sisa kapal yang terbakar. Termasuk 170 kapal yang sudah habis masa izin operasinya. Nanti saya akan berkoordinasi dengan Ibu Susi selaku Menteri KKP bagaimana menyingkirkan kapal-kapal tersebut sebelum acara IMF berlangsung,” ujarnya.

Menurut Luhut, ada dua solusi yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan kapal yang sudah lama tidak beroperasi tersebut. Pertama melalui proses lelang, kedua dipotong jadi dua. “Intinya kami sudah siap untuk menggelar acara itu,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.