Gorontalo Permudah Penyediaan Akses Internet

188
GORONTALO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mempermudah penyediaan akses internet untuk wilayah kepulauan, di antaranya di Kecamatan Ponelo Kepulauan.
“Kami sudah melakukan komunikasi dan mengajukan proposal ke pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, untuk penyediaan akses internet di daerah ini,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Gorontalo Utara, Aljum, di Gorontalo, Sabtu (4/8/2018).
Bahkan, pihaknya telah mendampingi tim survei dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang melakukan kunjungan di Kecamatan Ponelo Kepulauan.
Kunjungan itu untuk menindaklanjuti usulan yang diajukan pemerintah kecamatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten, untuk menyediakan akses internet.
Tim penyedia layanan akses internet site survei investigation, didampingi Camat Ponelo Kepulauan, sudah turun langsung meninjau lokasi untuk melihat lebih dekat kesiapan pemerintah dan masyarakat Ponelo Kepulauan, dalam mendukung penyediaan perangkat akses internet.
Kesiapan lahan dan bangunan, posisi atau lokasi pendirian bangunan harus strategis. Didukung komitmen masyarakat yang juga sangat diperlukan untuk mewujudkan infrastruktur komunikasi itu.
Investigasi lokasi itu, kata Aljum, adalah kegiatan penting yang akan menunjang pendirian maupun penyediaan layanan akses internet di kawasan baru, seperti Kecamatan Ponelo Kepulauan.
“Pemetaan lokasi sudah dilakukan, bahkan tim kementerian sudah meninjau titik lokasi yang akan digunakan, yaitu Pulau Saronde,” ujarnya.
Rencananya, terdapat dua lokasi di kabupaten itu yang akan dijadikan lokasi pusat pengembangan dan penyediaan perangkat akses internet. Yaitu di ruang terbuka hijau (RTH) kawasan kantor Bupati, dan Kecamatan Ponelo Kepulauan. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...