Gubernur Bali Ajak Petinggi IMF Sembahyang di Besakih

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.172

KARANGASEM – Menjelang kegiatan Annual Meeting IMF pada Oktober mendatang, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengajak semua unsur untuk bersembahyang di Pura Agung Besakih Karangasem, Kamis (2/8/2018).

Acara tersebut selain dihadiri oleh Made Mangku Pastika, juga ikut hadir Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Kepala BI Bali Causa Iman Karana, Secretary World Bank.

Hadir pula Ivonne Tsikata serta secretary IMF Jianhai Lin serta pejabat terkait. Dengan mengenakan “udeng” atau ikat kepala dan pakaian khas Bali rombongan tiba di Besakih.

Meski saat itu cuaca sedang hujan dan kabut disertai, namun hal tersebut tidak menyurutkan mereka untuk berdoa secara khusyuk di pura terbesar di Bali itu yang menghadap langsung Gunung Agung.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika, bersama dengan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Kepala BI Bali Causa Iman Karana, Secretary World Bank Ivonne Tsikata serta secretary IMF Jianhai Lin saat melakukan persembahyangan di Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem Bali Kamis, (2/8/2018).-Foto: Sultan Anshori.

Gubernur Mangku menjelaskan, sembahyang kali ini merupakan matur piuning yang mempunyai tujuan untuk meminta izin kepada Tuhan bahwa dalam waktu depan Bali akan melaksanakan kegiatan besar, yaitu IMF.

“Hari ini kita bersepakat untuk matur piuning atau meminta izin kepada Tuhan bahwa kita akan melakukan hajatan besar. Kita berdoa di sini. Kita di Bali menyambut dengan antusias, karena akan membawa nama baik Indonesia pada umumnya dan Bali secara khusus ke depan dengan lebih baik,” ucap Made Mangku Pastika, saat ditemui usai sembahyang.

Secretary IMF Jianhai Lin mengatakan, pada acara IMF yang rencana akan digelar pada 18 Oktober mendatang ribuan delegasi dari 189 negara di dunia akan datang ke Bali. Mereka tidak hanya membahas perkembangan isu ekonomi global tetapi juga akan berwisata mengeksplorasi indahnya Bali dan Indonesia selama sekitar seminggu.

“Hujan yang turun tadi kami percaya akan membawa berkah kepada semua orang khususnya di Bali. Saya berdoa agar masyarakat Bali selalu diberkati,” kata pria asal Korea ini. 

Senada dengan Jianghai, Sekretaris Grup Bank Dunia Ivonne Tsikata mengatakan, pertemuan tahunan nanti akan sekaligus promosi bagi Bali dan Indonesia. 

“Kami dari panitia penyelenggara akan melibatkan semua pihak untuk bekerja sama, baik secara teknis hingga hal yang berkaitan dengan spiritual untuk memohon restu dan doa agar pertemuan IMF serta Bank Dunia berlangsung aman dan lancar,” ucap Ivonne. 

Baca Juga
Lihat juga...