Gubernur Pastikan Infrastruktur-Venue Asian Games 2018 di Jakarta, Siap

Editor: Koko Triarko

1.487
Gubernur DKI, Anies Baswedan, di Lapangan Futsal Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018). –Foto: Lina Fitria 
JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, memastikan infrastruktur dan venue-venue Asian Games 2018 yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI, sudah sepenuhnya siap digunakan. 
“Infrastruktur siap, venue yang dikelola oleh Pemprov DKI juga sudah siap. Sekarang tinggal pelaksananannya, tanggung jawab lain mengenai lalu lintas untuk ofisial dan para atlet, itu sudah siap,” kata Anies, di Lapangan Futsal Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).
Saat ini, menurut Anies, hanya tinggal persiapan pelaksanaan acara nanti. Dia menuturkan, kini seluruh pekerjaan konstruksi di koridor utama Jakarta telah dihentikan, dengan penataan jalan dan trotoar yang telah dimaksimalkan. Karena itu, saat ini Pemprov DKI lebih berfokus pada aspek penyelenggaraan dan pelaksanaan secara teknis.
“Sudah saatnya (fokus) pada aspek penyelenggaraan. Mulai awal Agustus sudah tidak ada lagi kegiatan konstruksi sama sekali (di koridor utama Jakarta),” ujarnya.
Pemprov DKI bertanggung jawab mengelola tiga venue untuk Asian Games 2018, yakni stadion BMX, Baswball, dan Velodrome. Tiga venue itu, menurut Anies, juga sudah siap.
Selain venue, ada lagi tanggung jawab Pemprov DKI lainnya, yakni soal lalu lintas dan kualitas udara. Menurut Anies, sistem ganjil-genap yang saat ini diterapkan mampu mengurangi emisi kendaraan.
“Tanggung jawab lain tinggal lalu lintas untuk ofisial dan atlet. Itu pun sudah siap. Kualitas udara tentu Jakarta adalah salah satu kota yang paling menantang mengenai kualitas udara. Tapi, kebijakan ganjil genap kemarin cukup membantu mengurangi emisi di Jakarta,” ujarnya.
Anies menegaskan, Jakarta siap menjadi host city (tuan rumah) yang baik serta siap menyukseskan ajang olaharga di Asia ini.
“Minggu depan, hari yang sama, hari Sabtu, kita akan membuka Asian Games 2018. Mudah-mudahan semua yang sudah kita siapkan akan bisa berjalan dengan baik. Optimis kita bisa menjadi tuan rumah yang baik. Dan, tidak kalah penting, seluruh rakyat menyambut, ini perhelatan Jakarta sebagai tuan rumah untuk Asia,” jelasnya.
Perhelatan akbar Asian Games 2018 akan mempertandingakan 40 cabang olahraga, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga nonolimpiade, diikuti 45 negara di Asia, mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.
Baca Juga
Lihat juga...