Hadiah OK OCE, Diambil Alih Pemprov DKI

Editor: Mahadeva WS

212
Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE atau PGO, Faransyah Jaya - Foto Lina Fitria

JAKARTA – Hadiah bepergian ke luar negeri untuk pendaftar OK OCE, diambil alih Pemprov DKI Jakarta. Saat ini Pemprov DKI Jakarta masih mendiskusikan pemberian hadiah tersebut.

Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE atau PGO, Faransyah Jaya mengatakan, belum bisa dipastikan, apakah hadiah tersebut akan dianggarkan oleh Pemprov melalui APBD atau bukan. Saat ini masih menunggu kepastian dari Pemprov DKI Jakarta. “Masih di diskusikan kepastiannya,” jelasnya, Selasa (28/8/2018).

Sementara anggaran untuk hadiah tersebut ada di bawah koordinasi Biro Perekonomian DKI. Sementara itu nama-nama pendaftar OK OCE yang beruntung untuk mendapatkan hadiah disebut Faransyah sudah ada. “Sudah ada kandidatnya, tinggal dikonfirmasi ulang,” ujarnya.

Sebelumnya, saat masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjanjikan hadiah bepergian ke luar negeri, bagi pendaftar OK OCE ke-40.000. Sandiaga akan memberangkatkan pendaftar ke-40.000 ke Makkah untuk umrah jika pendaftarnya seorang Muslim. Dan akan memberangkatkan ke Yerusalem, jika pendaftarnya Kristen.

Atau memberangkatkan tempat suci lain, sesuai agama si pendaftar, jika Dia bukan bukan Muslim atau Kristen. Sandiaga tidak hanya menjanjikan satu hadiah. Pendaftar yang urutannya mendekati 40.000, yaitu pendaftar ke-39.999 dan 40.001 akan diberi hadiah berlibur ke Bangkok, Thailand.

Dipilihnya Thailand sebagai tujuan, karena negara itu sukses mengembangkan One Tambon One Product. “Salah satu pemikiran OK OCE dimulai dari OTOP, yaitu One Tambon One Product, yang digagas di Thailand dan sukses. Di Jepang itu OVOP, One Village One Product, juga sukses,” papar Sandi saat itu.

Selain kedua hadiah tersebut, untuk pemenang ketiga, yang diambil dari 40.000 plus dua dan minus dua, akan diberikan kesempatan untuk melihat UKM sukses di Yogyakarta dan Bali. Beragam hadiah yang diberikan untuk pendaftar beruntung itu, adalah wujud rasa syukur atas partisipasi masyarakat terhadap OK OCE. Sandiaga menargetkan, ada 40 ribu UMKM yang mendaftar OK OCE pada April.

Semula, semua hadiah itu akan diberikan dengan uang pribadi Sandiaga. Sejak Sandiaga mundur dari jabatan wakil gubernur, akhirnya anggaran untuk hadiah dibebankan pada APBD. Adapun, dalam web situs okoce.me, jumlah pendaftar OK OCE sudah mencapai 49.590 orang anggota.

Baca Juga
Lihat juga...