Hut RI, Lhokseumawe Gelar Lomba Khotbah Jumat

172
Ilustrasi HUT Kemerdekaan RI ke-73 - Foto istimewa

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, menggelar lomba khotbah Jumat. Lomba yang digelar di Masjid Jamik Lhokseumawe, diikuti santri-santri dari pesantren, yang ada di Kota Lhokseumawe.

“Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta dari dari 25 dayah atau pesantren yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe. Karena masing-masing dayah mengirim satu orang pesertanya,” ungkap Ketua Panitia perlombaan, Tgk. Misran Fuadi, Kamis (9/8/2018).

Kegiatan lomba khotbah Jumat berlangsung selama dua hari, yakni 8 dan 9 Agustus. “Kegiatan lomba ini berlangsung selama dua hari, sesuai dengan temanya kegiatan ini bertujuan memunculkan dai-dai muda, mampu mengemas nilai-nilai kemerdekaan didalam khutbah ataupun ceramah agama,” jelasnya.

Sementara itu, tim juri dalam perlombaan khotbah berasal dari LPTQ, Dinas Syariat Islam dan juga dari unsur dai atau penceramah di Kota Lhokseumawe. Aspek penilaian meliputi, aspek Fashahah dan kaidah khotbah. Yaitu, kesempurnaan dalam menyampaikan ketentuan rukun dua khotbah dan kaidah-kaidah bahasa yang diucapkan, termasuk didalamnya kefasihan dalam membaca ayat atau hadist.

Kemudian dinilai aspek penyampaian nasehat, yakni kesesuaian materi dan gaya bahasa yang disampaikan dengan tema khotbah. Penilaian lainnya adalah, aspek adab dan penghayatan, yang meliputi, sikap menyampaikan khotbah, intonasi, bahasa, kesantunan berpakaian, serta penghayatan isi khotbah.(Ant)

Baca Juga
Lihat juga...