HUT RI, Sabar Gorky Bertekad Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.315

SOLO — Pendaki berkaki satu asal Solo, Jawa Tengah, Sabar Gorky tahun ini akan kembali mengulang kesuksesannya di Puncak Gunung Elbrus, Rusia. Pria yang memiliki impian menaklukkan tujuh puncak gunung tertinggi di dunia ini akan mengibarkan bendera merah putih di puncak Elbrus, tepat pada 17 Agustus 2018 nanti.

Hal ini diungkapkan pria 50 tahun ini saat menggelar jumpa pers dengan awak media, terkait rencana keberangkatannya ke Rusia, bersama Tim Garuda Muda, yang ada di Jakarta.

Menurut Sabar Gorki, dirinya akan terbang ke Rusia pada tanggal 15 Agustus, bersama tujuh orang yang masuk dalam tim.

“Kami ingin kibarkan merah putih di puncak Elbrus. Pendakian merupakan kali kedua saya,” ucap Sabar Gorky saat jumpa pers di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Rabu (1/8/2018).

Delapan orang yang masuk Tim Garuda Muda dalam ekspedisi ke Gunung Elbrus ini di antaranya empat siswa SMA di Jakarta, serta tim medis dan media.

Alasan memilih gunung Elbrus untuk HUT RI ke 73 adalah untuk menyelesaikan jalur yang ada di gunung tetinggi di Eropa tersebut.

“Tahun 2011 pernah ke puncak Elbrus tapi melalui jalur utara. Kalau ini jalur selatan, seperti apa medannya, belum tahu saya,” papar dia.

Menurut pendaki tuna daksa itu, pendakian gunung setinggi 5.642 meter di atas permukaan air laut (MDPL) telah dipersiapkan sejak 5 bulan lalu. Berbagai latihan juga tengah dilakukan, dan akan dilakukan hingga keberangkatannya nanti.

Sejumlah latihan yang dilakukan seperti bersepada, menarik ban dengan pinggang, dayung, serta memanjat tebing berpasir. Beberapa lokasi yang digunakan seperti Gunung Lawu, serta padang pasir di Yogyakarta.

“Karena di Rusia ini yang pasti semua peralatan ditarik dengan punggung. Jadi memang harus latihan fisik, terutama memperkuat punggung. Latihan tarik beban di pasir ini juga diibaratkan salju,” tutur pria yang selama satu tahun ini bekerja sebagai pegawai di PMI Solo.

Pendakian gunung Elbrus ini, imbuh Sabar Gorky, merupakan latihan sebelum ekspedisi pendakian di Gunung Vinson Massif, Kutub Utara, yang direncanakan pada akhir tahun nanti.

Sebelumnya, Sabar Gorky telah menaklukkan 4 puncak gunug tertinggi di dunia. Seperti Gunung Kilimanjaro di Afrika pada 13 November 2011, Gunung Aconcagiua di Argentina, dan Gunung Cartenz di Papua, pada Agustus 2015 lalu.

“Terakhir nanti saya ingin ke puncak Everest,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Solo, Sutanto Tjokrosoekarno menyatakan, pihaknya mendukung penuh ekspedisi yang akan dilakukan salah satu pegawainya.

Menurut dia, pendakian ke puncal Elbrus ini tidak hanya mengarumkan nama Solo, namun bangsa Indonesia.

“Dengan mengibarkan merah putih di Elbrus, tentu ini mengharumkan nama bangsa kita,” kata Sutanto.

Adanya Sabar Gorky di PMI Solo, imbuh dia, merupakan satu-satunya PMI di Jawa Tengah yang mengangkat dua orang difabel sebagai karyawan.

“Di Jateng baru ada di Solo yang mengangkat difabel menjadi pegawai di PMI. Tentu ini bisa menjadi contoh untuk lainnya agar juga memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.