Ikan Bakar Sambal Matah Khas Pantai Serangan

Editor: Koko Triarko

153
DENPASAR – Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Bali tidak mencoba berbagai macam makanan laut atau seafood. Di Bali, khususnya di kawasan selatan, terdapat banyak warung penjual seafood. Selain di Jimbaran, kawasan Pantai Serangan Denpasar juga terkenal sebagai sentra berbagai macam jenis makanan hasil laut ini.
Ketut Eva Karmiati, salah seorang pemilik warung seafood di kawasan Serangan menceritakan, setiap hari banyak wisatawan, domestik maupun mancanegara yang mampir untuk sekadar menikmati makanan seafood di tempatnya.
Makanan seafood yang menjadi menu favorit d itempat ia berjualan adalah ikan bakar. Dalam sehari, ia mampu menghabiskan ikan segar jenis Jungky sebanyak 50 kilogram.
Uniknya lagi, proses pembakaran ikan tersebut harus menggunakan Sabut Kelapa. Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena ikan yang dibakar menggunakan Sabut Kelapa, rasanya lebih gurih, karena bumbu meresap secara sempurna.
Ketut Eva Karmiati, pemilik warung seafood di kawasan Serangan Denpasar. Foto: Sultan Anshori.
“Kalau menggunakan arang, cenderung lama. Selain itu, hasilnya tidak maksimal, karena ikan yang dibakar akan hangus,” ucap Ketut Eva Karmiati, saat ditemui Sabtu, (4/8/2018).
Yang membedakan serta menjadikan istimewa ikan bakar khas Bali ini adalah Sambal Matah, yang memang sudah menjadi pelengkap hidangan masyarakat Bali, yang seolah tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari.
Sambal matah diracik menggunakan bumbu-bumbu pilihan, seperti cabe muda segar, bawang merah, sereh, dengan ditambahkan terasi bakar.
“Selain Ikan Bakar, makanan lain yang menjadi favorit di tempat kami, yaitu Gurita Bakar Bumbu Bali, Cumi Asam Manis, Udang bakar rica-rica, Kerang Asam Manis,” imbuh wanita yang akrab disapa Eva, ini.
Soal harga, relatif cukup murah. Satu porsi seafood Gurita Bakar Bumbu Bali, Cumi Asam Manis, Udang bakar rica-rica, para wisatawan cukup merogoh kocek mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000-an per porsi.
Jadi bagi anda yang sedang dan akan berlibur ke Pulau Bali, tidak ada salahnya untuk menjajal makanan seafood di Pantai Serangan ini, sembari menikmati indahnya pantai Serangan yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Benoa.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.