Imam Nahrawi Usahakan Pencak Silat Masuk Olimpiade Tokyo

202
Pertandingan silat di Asian Games 2018 - Dokumentasi CDN

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengupayakan pencak silat bisa dipertandingkan pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

“Kita harus berjuang, Asian Games sudah kita ikuti bareng-bareng, setelah ini kita mikir bagaimana Olimpiade 2020, pencak silat harus eksibhisi di sana, kami sudah lakukan lobi ke Menpora Jepang, ke Wakil Presiden Tokyo Olympic,” kata Imam usai menyaksikan pertandingan senam trampolin di JIExpo JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Imam tidak mempermasalahkan, jika memang tidak ada yang setuju, pencak silat masuk dalam cabang yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020, karena Indonesia terlalu mendominasi. “Kalau bicara dominasi, cabang olahraga apa yang tidak didominasi oleh sebuah negara,” ungkap Imam.

Pada Asian Games 2018, total 14 medali emas didapat Indonesia dari cabang pencak silat. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari cabang olah raga lainnya. Lebih lanjut dikatakannya, Indonesia bersyukur telah melampaui target perolehan medali pada ajang olahraga multi cabang tertinggi di Asia tersebut.

“Alhamdulillah kita bersyukur atas semua perjuangan para atlet, pelatih, cabang olahraga, para pengurusnya, Chef de Mission (CdM), KONI, KOI semuanya bersatu padu ini tentu perjuangan para wartawan yang meskipun meliput tetapi juga terus mendoakan,” tuturnya.

Mendekati hari-hari akhir pelaksanaan, atlet Indonesia disebutnya, harus tetap bersemangat, karena peluang menambah medali masih terbuka lebar. “Itu sesuatu yang betul-betul kami hargai, dan masih ada kesempatan hari ini, besok, lusa. Hari ini kita harapkan para atlet terus bersemangat jangan pernah sedikit pun berkurang asa dan semangatnya untuk meraih yang terbaik,” pungkas Imam. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...