Irwan Harap Pertukaran Palajar SMN Berikan Dampak Positif pada Siswa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

258

PADANG — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 yang diselenggarakna oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Hadir untu Negeri seiring memperingati HUR RI ke-73, dapat memberikan dampak yang positif terhadap pengetahuan para siswa di Sumatera Barat.

Ia berpendapat, suatu kesempatan yang bagus bagi para siswa untuk bisa mengikuti SMN 2018 ini. Karena melalui kegiatan ini, mereka dapat mengenal Indonesia, mulai dari soal kebudayaannya, sejarah daerah, dan banyak hal lainnya.

Irwan juga mengharapkan kepada siswa asal Sumatera Barat yang akan berangkat ke Makassar besok, benar-benar mengikuti sejumlah kegiatan dengan serius. Karena saat kembali, pengetahuan yang didapatkan dibagi dengan siswa lainnya yang tak berkesempatan ikut.

Disebutkan juga, peserta SMN yang akan berangkat sebelumnya sudah melewati rangkaian pertimbangan dan seleksi, di antaranya prestasi dari siswa tersebut.

“Seleksi untuk mengikuti SMN ini sudah ada ketentuan dari yang menyelenggarannya. Yang jelas mereka yang ikut adalah pelajar yang berprestasi. Setidaknya dengan adanya kegiatan ini dapat memicu semangat para pelajar lain, karena SMN ini hadir setiap tahunnya,” ujarnya, Jumat (10/8/2018).

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bukit Asam Arvyian Arifin menyebutkan, terdapat 25 orang siswa yang akan dikirim ke Makassar. 23 orang dari Provinsi Sumatera Barat dan sisanya dari Sumatera Selata. Tiga di antaranya penyandang disabilitas.

“Mereka semua siswa dari seluruh kabupaten kota di Sumatera Barat. Mereka berkesempatan bergabung dalam SMN ini, karena telah berhasil terpilih sesuai persyaratan yang ada,” katanya di Padang.

Ia menjelaskan kegiatan SMN merupakan sebuah program bakti Kementerian BUMN yang dijalankan setiap tahun. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan nusantara ke para siswa siswi, dari berbagai aspek.

“Mereka akan saling mengenal Indonesia setelah mendantangi seluruh provinsi di Indonesia. Seperti halnya di Sumatera Barat yang akan berangkat besok ke Makassar, maka yang dari Makassar akan datang ke Sumatera Barat,” katanya, Jumat (10/8/2018).

Baca Juga
Lihat juga...