Jelang Idul Adha, Pemesanan Kambing, Meningkat

Editor: Satmoko Budi Santoso

170

BANJARMASIN – Dua pekan jelang momen hari raya kurban atau Idul Adha, pemesanan hewan kurban jenis kambing mulai ramai dilakukan oleh masyarakat Banua.

Dari pantauan di salah satu pusat penjualan hewan kambing terbesar di Banjarmasin, yakni daerah Kampung Arab. Pedagang mengklaim sudah mengalami kenaikan pemesanan hewan kambing hingga 20 persen dibanding hari biasa.

“Sudah mulai ada yang memesan, walaupun jumlahnya tidak banyak. Dalam sehari kini kita sudah bisa menjual 3-4 ekor hewan kambing, padahal sebelumnya hanya 2-3 ekor saja,” ungkap pemilik toko jual beli kambing, Al Aqso, Abdul Wahid, Senin (6/8/2018).

Kenaikan ini sendiri diprediksi akan terus berlanjut hingga mencapai puncak sepekan jelang hari raya Idul Adha. Biasanya, berkaca seperti tahun lalu kenaikan pada saat itu bahkan sudah tembus hingga mencapai 100 persen dibanding hari biasa.

“Biasa mencapai 7-8 ekor terjual tiap hari. Maka untuk mengantisipasi lonjakan permintaan kami melakukan penyetokan hewan kambing terlebih dahulu sebulan sebelum momen Idul Adha,” tambahnya.

Untuk harga hewan kambing sendiri, saat ini dibandrol mulai dari Rp1,8 juta sampai Rp2,8 juta per ekor tergantung berat dan ukuran. Harga tersebut diklaim memang mengalami kenaikan sebesar 10 persen dibanding tahun 2017 lalu.

“Kenaikan sendiri lebih disebabkan tingginya harga angkut hewan kambing dari Madura ke Banjarmasin. Karena dengan cuaca yang tidak bagus sekarang di laut, pengiriman tidak bisa lagi menggunakan perahu namun memakai Kapal Roro hingga Kapal Ferry,” katanya.

Sementara itu, Habibie, salah satu pedagang kambing lainnya di kampung Arab memprediksi, kenaikan permintaan hewan kurban jenis Kambing akan lebih meningkat 20-30 persen dibanding tahun 2017, lalu.

Hal ini cukup beralasan, mengingat pada tahun 2018 ini bertepatan dengan tahun politik, sehingga membuat banyak individu dan organisasi yang memesan hewan kurban untuk merebut hati masyarakat.

“Maka kita sediakan pasokan hewan kurban hingga 30 persen lebih banyak dari hari biasa. Bahkan kita juga menambah kandang baru untuk menampung hewan kambing yang kita pesan dari Madura,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.