JIEPP Siap untuk Asian Games 2018

Editor: Mahadeva WS

1.183

JAKARTA – Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (2/8/2018). JIEPP dulu lebih dikenal dengan pacuan kuda Pulomas, Jakarta Timur telah selesai di renovasi.

Proses renovasi yang memakan waktu dua tahun, JIEPP kini menjadi salah satu venue Asian Games 2018. Equestrian Park merupakan venue berkuda kelas dunia yang dapat menampung 990 penonton dengan fasilitas terbaik. “Fasilitas luar biasa, saya nanya ke Pak Bambang (Presiden PT. Pulomas) di Asia ada berapa, hanya ada tiga,” kata Anies usai meresmikan JIEPP) Kamis (2/8/2018).

Dengan fasilitas tersebut, diharapkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, akan muncul atlet berkuda yang mumpuni dari Indonesia. “Bahwa adanya fasilitas ini muncul, betul-betul dapat dimanfaatkan. Pulomas dapat merawat tempat ini, dan mengembangkan banyak event,” tandasnya.

Presiden Direktur PT Pulo Mas Jaya, Bambang Mursalin, mengatakan JIEPP telah mengantongi sertifikasi bebas penyakit hewan kuda. “Prestasi lni adalah hasil kolaborasi yang solid dari Pemprov DKl Jakarta, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, PT Pulo Mas Jaya dan masyarakat sekitar yang berkomitmen menjaga daerah di sekitar arena equestrian sesuai standar internasional,” kata Bambang.

Sertifikasi internasional didapatkan dari Dewan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) di Paris, Perancis dan Dewan Uni Eropa (EU) di Brussels. JlEPP berdiri di atas lahan seluas 35,25 hektare. Sarana tersebut memiliki lima arena, yaitu Field of Play sebagai arena utama, Training Arena, Warm Up Arena, Collecting Arena, Covered Training Arena, Cross Country dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Di dalam arena terdapat 156 kandang kuda dan Equine Clinic (klinik khusus kuda) yang didukung kandang lsolasi. Tribun utama mampu menampung hingga 990 kursi penonton termasuk penyadang difabel. Selain itu juga ada tempat penginapan untuk officials.

Cabang olahraga yang dilombakan di venue tersebut meliputi tiga nomor equestrian olympic yakni tunggang serasi (dressage), Iompat rintangan (jumping) dan trilomba (eventing). JIEPP lebih dari sekadar arena equestrian biasa, setelah Asian Games 2018, arena tersebut berpotensi menjadi tempat kegiatan meeting dan wisata MICE andalan di Jakarta Timur. Area hijau serta danau yang ada dalam kawasan tersebut telah menambah daftar Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta Timur.

Baca Juga
Lihat juga...