Kapal Berpenumpang 14 Orang Alami Mati Mesin di Perairan Flores

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

255

MAUMERE — Sebuah kapal pengangkut hewan berpenumpang 14 orang mengalami mati mesin saat berada di tengah laut antara pulau Flores dan pulau Timor sekitar pukul 16.30 WITA. Kapal motor bernama Adel Sari bertolak dari pelabuhan pulau Rote menuju Makasar Sulawesi Selatan.

“KM. Adel Sari yang mengalami mati mesin pada koordinat 09°11.832’S – 122°17.207’E saat berada di tengah laut,” sebut kepala kantor SAR Mauemre, I Putu Sudayana, Rabu (8/8/2018).

Dikatakan, petugas gabungan dari SAR Maumere, Lanal Maumere, Dit Polair Polda NTT, Polsek Paga, Koramil paga, serta Kantor Syahbandara dan Otoritas Pelabuhan Laurens Say Maumere bertolak melalui darat dan tiba di Paga sekitar pukul 19.00 WITA.

Kepala kantor SAR Maumere I Putu Sudayana. Foto : Ebed de Rosary

Peralatan yang dibawa untuk melakukan penyelamatan sebut Putu yakni sebuah Rescue D-Max, sebuah Rubber Boat 40 PK serta peralatan SAR Air.

Sementara itu, Humas kantor SAR Maumere Yudha menjelaskan, tim SAR Maumere telah melakukan komunikasi dengan nahkoda kapal melalui radio komunikasi dan dijelakan tentang lokasi keberadaan kapal.

“Tim direncanakan akan tiba di lokasi sekitar pukul 21.00 WITA atau 22.00 WITA dan langsung melakukan upaya penyelamatan. Bila mesin tidak bisa diperbaiki maka kapal dan seluruh penumpangnya akan dievakusi ke Paga kabupaten Sikka,” sebutnya.

Yudha berharap agar evakuasi yang dilakukan bisa berhasil dengan baik mengingat kondisi ombak di perairan pantai selatan pulau Flores sedang tinggi .

“Kondisi perairan di pantai selatan ombaknya sedang tinggi dan dapat mencapai dua meter,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...