Karang Taruna Cup Kembali Digelar di Lampung Selatan

Editor: Mahadeva WS

1.052

LAMPUNG – Sebanyak 32 kesebelasan dari empat kecamatan di Lampung Selatan, mengikuti kompetisi sepak bola Karang Taruna Cup II. Turnamen tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73.

Sulaeman ketua Karang Taruna Desa Rawi Kecamatan Penengahan Lamsel sekaligus ketua panitia Karang Taruna Cup [Foto: Henk Widi]
Sulaeman, Ketua Karang Taruna Desa Rawi, Kecamatan Penengahan menyebut, Karang Taruna Cup adalah agenda tahunan pemuda setempat. Dan untuk tahun ini, turnamen tersebut juga dimanfaatkan untuk memeriahkan perhelatan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang.

Antusiasme klub sepak bola di Lampung Selatan mengikuti Karang Taruna Cup cukup tinggi. Tahun lalu, kompetisi sepak bola tersebut diikuti 16 kesebelasan. Tahun ini pesertanya meningkat menjadi 32 kesebelasan. Peserta berasal dari Kecamatan Sidomulyo, Palas, Bakauheni dan Penengahan.

Pertandingan enam belas besar digelar di grup A dan grup B sejak 30 Juli lalu. Final akan berlangsung pada 18 Agustus mendatang. “Kegiatan olahraga antar kampung yang kami wadahi dalam kegiatan Karang Taruna Cup memang diselenggarakan untuk menjaring bibit berprestasi bidang olahraga sepak bola,” ungkap Sulaeman, kepada Cendana News, Jumat (3/8/2018).

Untuk memeriahkan HUT RI ke-73, di pintu masuk jalan Desa Rawi sudah dipenuhi umbul-umbul dan bendera merah putih. Di sejumlah titik terlihat dipasang spanduk penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang sebagai upaya mensosialisasikan penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia tersebut.

Karang Taruna Cup juga menjadi hiburan dan tontonan warga. Petandingan sepak bola yang digelar di lapangan Persatuan Sepak Bola Rawi (Persera) selalu dipadati penonton. Meski hanya pertandingan antar kampung, namun dipastikan, sejumlah wasit yang dilibatkan merupakan wasit yang sudah mendapat lisensi dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) setempat.

Sesuai jadwal, Karang Taruna Cup II dibagi dalam dua grup besar A dan B, masing-masing diikuti 16 grup. Pada babak enam belas besar di grup A, pertandingan berlangsung cukup sportif dan menarik. Pada laga pembuka, klub All Star berhasil menumbangkan tim Rawi A selaku tuan rumah dan tim Kampung Baru A menumbangkan tim Palembapang.

Di grup B, yang sedang memasuki babak penyisihan, telah mengantar beberapa tim ke babak delapan besar. Tim Sinar Palembang melaju ke perdelapan final paska menumbangkan Poster A, tim Barbel melaju setelah mengalahkan BFC Bakauheni, tim Rajawali mengalahkan Sumur Kumbang dan tim Galaxy mengalahkan Kampung Baru. “Selama empat hari penyelenggaraan sudah enam belas tim bertanding di grup A dan grup B sehingga menyisakan enam belas tim lain pada babak enam belas besar,” jelas Sulaeman.

Sebagai pertandingan antar kampung, Sulaeman menyebut kegiatan tersebut menjadi ajang silaturahmi dan mengaktifkan olahraga sepak bola. Panitia Karang Taruna Cup II hadiah piala dan uang pembinaan. Hadiah Rp2 juta untuk juara pertama, Rp1,5 juta untuk juara kedua dan Rp1 juta untuk juara ketiga.

Baca Juga
Lihat juga...