Karangasem Kembali Gelar Festival Pesona Tirta Gangga

Editor: Mahadeva WS

310

KARANGASEM – Kabupaten Karangasem, Bali menggelar Festival Pesona Tirta Gangga 2018. Event kali ini, bertujuan untuk membangkitkan kawasan wisata dan cinta alam, khususnya wisata budaya. Acara yang sudah digelar sejak Jumat, (26/8/2018) tersebut, menampilkan berbagai macam kesenian asli Bali, khususnya Kabupaten Karangasem.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mengingatkan kembali Tirtagangga sebagai daerah tujuan wisata bersejarah. Kegiatan tersebut, juga menjadi upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan Tirtagangga.

“Disamping itu juga untuk memperkenalkan potensi Kecamatan Abang, sebagai wilayah berkembang di Kabupaten Karangasem, yang kaya dengan berbagai hasil kerajinan, panorama alam, dan potensi seni tradisional yang kreatif,” ujar I Wayan Astika Minggu, (26/8/2018).

Banyak hal berbeda yang ditampilkan dari event Festival Pesona Tirtagangga 2018 tahun ini. Dalam event tersebut juga menampilkan berbagai produk UMKM yang ada di Kabupaten Karangasem, Bali. Festival tersebut diharapkan dapat menjadi media pembelajaran kepada generasi muda, melalui beberapa aktivitas yang sebelumnya, belum pernah dilaksanakan.

Beberapa bentuk kesenian yang di angkat diantaranya, fire dance, dan juga kesenian Cekepung yang merupakan kesenian asli Karangasem. Beberapa kesenian tersebut, dibawakan generasi penerus yang nantinya, akan melanjutkan nilai-nilai spiritual warisan leluhur tersebut.

“Hal ini tentunya memerlukan perjuangan yang berat, untuk mempertahankan semuanya. Kami berdoa, semoga atas kesadaran kita semua dan atas bimbingan Ida sanghyang Widhi Wasa, akan dapat meraih sukses yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat bersama,” kata Astika.

Melalui event tersebut, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karangasem khususnya ke Taman Tirta Ganggang semakin meningkat. Ditargetkan, kedepannya akumulasi kunjungannya mencapai 1.500 wisatawan setiap harinya. “Kalau sekarang kunjungan ke Taman Tirta Gangga, ini baru mencapai 700-900 wisatawan perharinya. Kita harapkan bisa tembus hingga 1.500 orang,” pungkas Astika.

Baca Juga
Lihat juga...