Kereta LRT tak Digunakan untuk Asian Games 2018

Editor: Koko Triarko

1.553
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno, di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018) –Foto: Lina Fitria 
JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, menegaskan,  Light Rail Transit (LRT) tidak akan digunakan untuk menunjang kegiatan Asian Games 2018.  Itu memang tidak dipakai untuk kegiatan Asian Games,” kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).
Menurutnya, saat ini Pemprov DKI lebih mengutamakan sisi keselamatan dibandingkan dengan terburu-burunya dalam menggunakan, dibandingkan target uji coba yang harus dikebut.
Tidak digunakannya LRT, mengingat belum sepenuhnya rampung dan siap digunakan untuk umum. Dia juga tak ingin menargetkan kapan waktu uji operasi LRT, selesai. “Yang penting keselamatan, bukan tanggalnya (peresmiannya),” ucap Anies.
Rencana menggunakan LRT, pernah diungkapkan mantan Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Salahudin Uno, yang optimis dapat menggunakan moda transportasi itu.
Sebelumnya, Sandiaga menargetkan kereta Light Rail Transit (LRT) rute Velodrome-Kelapa Gading akan dioperasikan sebelum pembukaan Asian Games 2018, mendatang.
“Pembangunannya sudah rampung, tinggal kita pastikan hasil uji coba,” kata Sandiaga, Selasa (7/8).
Hanya saja, hingga kini pihak LRT masih menunggu hasil ujicoba, untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang pada saat dioperasikan nanti.
Direktur Proyek LRT Jakarta, Iwan Takwin, sebelumnya juga mengatakan, pihaknya masih menunggu terbitnya persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan, guna bisa memulai uji operasi.
PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ditugaskan membangun LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km, untuk digunakan saat gelaran Asian Games 2018.
Sebelumnya, pengoperasian kereta LRT Jakarta untuk Asian Games 2018 sempat tidak pasti, lantaran progres pembangunan yang masih jauh dari 100 persen.
PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berencana mengoperasikan delapan gerbong kereta LRT, dari total 16 gerbong saat pelaksanaan Asian Games 2018. Delapan gerbong kereta tersebut akan melayani rute Ke lapa Gading-Velodrome.
Dari informasi yang dihimpun, delapan gerbong kereta LRT kembali didatangkan ke Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, akhir pekan lalu.
Baca Juga
Lihat juga...