Khaidir Pembawa Pertama Obor Kirab Asian Games di Jambi

938

JAMBI — Mantan atlet cabang atletik yang kini menjadi wasit internasional asal Jambi, Khaidir, menjadi orang pertama yang membawa obor saat kirab Asian Games 2018 mengelilingi Kota Jambi secara bergantian, Jumat (3/8/2018).

Setelah api disulutkan ke obor Asian Games kemudian diserahkan Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Dany Budiyanto kepada Khaidir, di halaman rumah dinas Gubernur Jambi, sebagai tanda dimulainya kirab obor Asian Games menggelilingi sudut Kota Jambi yang berjarak 10 kilometer.

Kirab obor Asian Games di Kota Jambi mengambil garis start dari rumah dinas Gubernur Jambi di kawasan Ancol Kecamatan Pasar Jambi dan berakhir atau finish di lapangan kantor Gubernur Jambi diterima oleh Plt Gubernur Fachrori Umar.

Dalam kirab secara marathon tersebut, selain sejumlah atlet nasional dan mantan atlet nasional, wasit dan pelatih asal Jambi, juga melibatkan mantan perenang nasional yang pernah memperkuat Provinsi Jambi pada beberapa kali PON lalu, M Akbar Nasution juga ikut andil bagian dari aksi kirab obor Asian Games tersebut di Jambi bersama artis ibu kota, Mario Lawalata.

Obor Asian Games yang tiba di badara Sultan Thaha Jambi pada pukul 07.10 WIB dari badara Minangkabau, Sumatera Barat, kemudian setelah itu langung diterima Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar dan obor dibawa oleh tim kirab diarak menuju ke Candri Muaro Jambi yang berjarak 22,8 Km dari pusat Kota Jambi.

Di kompleks percandian Muaro Jambi yang berada di Kabupaten Muaro Jambi tersebut, obor Asian Games dilakukan ‘foto boot’ dengan latar belakang Candi Muaro Jambi yang merupakan komplek percandian terluas di Indonesia dan Asia Tenggara.

Setelah dari komplek Candi Muarojambi, api Asian Games berikutnya dibawa ke Kota Jambi untuk diarak keliling kota.

Sebanyak delapan mantan atlet yang akan berlari membawa obor secara bergantian yang diantaranya adalah Elieser Wettebosi mantan atlet atletik, Olsen Tiger mantan atlet polo air, Harry Maitimu mantan atlet tinju, Baharuddin mantan atlet silat (pelatih), Rasima mantan atlet dayung, Frisca Ira Wibowo mantan atlet wushu, Helen atlet senam, Haidir mantan atletik serta mantan atlet renang Akbar Nasution.

Selain itu obor Asian Games 2018 juga dibawa oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis As dan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Muhammad Dianto. Kirab sendiri berakhir di Kantor Gubermur Jambi dan kemudian diterbangkan menggunakan pesawat menuju Palembang, Sumatera Selatan. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.