KKP Segera Bangun Kembali Gedung BKIPM Mataram

1.550
Ilustrasi -Dok: CDN
MATARAM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), akan membangun kembali gedung kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang roboh pascagempa berkekuatan 7 Skala Richter pada 19 Agustus.
Kepala BKIPM Mataram, Suprayogi, mengatakan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, sudah berkunjung ke Pulau Lombok untuk menyalurkan bantuan kepada korban gempa, sekaligus mengecek kondisi bangunan kantor yang berada di bawah KKP.
“Ibu Menteri Susi sudah memeriksa kondisi bangunan dan menyampaikan komitmennya untuk membangun kembali kantor BKIPM Mataram, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa normal,” katanya, Kamis (30/8/2018).
Dalam kesempatan itu, kata dia, Menteri Susi juga berpesan kepada seluruh jajaran BKIPM Mataram untuk tetap menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan tetap memberikan pengabdian kepada bangsa secara maksimal pascagempa.
Jajaran BKIPM juga diminta mengikuti seluruh prosedur penghapusan aset negara, sebelum dibangun kembali.
Suprayogi mengaku sudah melaksanakan arahan menteri. Misalnya, meminta penilaian ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB, terkait kondisi bangunan yang rusak berat. Selain itu, meminta penjelasan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terkait gempa bumi yang mengguncang Pulau Lombok.
“Seluruh dokumen dari Dinas PU NTB dan BMKG dibawa ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang,” ujarnya.
Ia juga menegaskan, bahwa pelayanan kepada masyarakat yang berkaitan dengan keluar masuknya komoditas perikanan di pelabuhan dan bandara, tetap dilakukan dengan memanfaatkan bangunan kantor lama.
“Intinya, tidak ada pelayanan kepada masyarakat yang terganggu. Kami tetap bekerja secara optimal,” ucap Suprayogi.
Dalam kunjungan kerja di Lombok pada 21-22 Agustus lalu, Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, mengunjungi daerah-daerah terdampak gempa cukup parah, terutama di Kabupaten Lombok Utara.
Desa-desa yang dikunjungi di antaranya, Mentigi, Nipah, Sorong Jukung, Gerepek, Tukaq Bendu dan Penyambuan.
Selain berdialog dengan warga terdampak gempa, jajaran BKIPM Mataram yang mendampingi Menteri Susi, juga menyerahkan bantuan bahan makanan dan logistik, seperti terpal, selimut, tenda, pakaian layak pakai.
Selain menyalurkan bantuan, Menteri Susi juga menyerahkan hewan kurban, sebanyak tiga ekor sapi dan 20 ekor kambing. Penyerahan dilakukan setelah mengikuti shalat Idul Adha bersama para korban gempa.
Tidak hanya korban gempa di Lombok Utara yang mendapat bantuan dari KKP. BKIPM Mataram juga mendistribusikan bantuan bahan makanan dan logistik, serta hewan kurban untuk para korban gempa di Kabupaten Lombok Timur, khususnya di Desa Sembalun Bumbung.
Jajaran KKP juga memberikan trauma healing kepada para korban yang mengalami trauma akibat bencana alam tersebut, terutama anak-anak. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...