Kofi Annan Dimakamkan 13 September di Ghana

152
Kofi Annan - Foto ghanaweb.com

ACCRA – Mantan Sekjen PBB dan peraih Hadiah Nobel, Kofi Annan, akan dimakamkan di kampung kelahirannya di Ghana pada 13 September. Informasi tersebut disampaikan Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo, di Accra, Jumat (24/8/2018).

Nana Akufo-Addo mengatakan, pemerintah setempat akan memberikan pemakaman negara penuh kepada Annan. Hal itu disampaikan kepada keluarga dari Annan. “Sesuai statusnya, sebagai ikon global, diplomat dan negarawan,” ungkapnya.

Annan wafat di sebuah rumah sakit di Swiss, di usia 80 tahun. Selama hari-hari terakhirnya, Annan didampingi oleh istri keduanya Nane, dan anak-anaknya Kojo dan Nina. Annan meniti karir di PBB, menjadi Sekretaris Jenderal PBB di New York selama dua periode sejak 1997-2006.

Setelah pensiun, Dia tinggal di sebuah desa Swiss di dekat Jenewa. Yayasannya yang telah berkiprah 10 tahun, mendorong pemerintahan Ghana untuk bekerja lebih baik baik, dan mentransformasi pertanian Afrika. Annan dan PBB berbagi Hadiah Perdamaian Nobel di 2001, atas usaha-usaha mereformasi badan dunia tersebut. Selama memimpin PBB,  Annan memberikan prioritas pada isu-isu hak asasi manusia.

Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo menyampaikan, kesedihan mendalam di Accra pada Sabtu (18/8/2018) sehubungan dengan berita wafatnya Kofi Annan. (Baca:https://www.cendananews.com/2018/08/mantan-sekjen-pbb-kofi-annan-wafat.html). “Pemerintah dan rakyat Ghana, Ibu Negara Rebecca dan saya sangat sedih oleh berita mengenai wafatnya salah seorang rekan terbesar kami, Kofi Annan, di Bern, Swiss,” demikian isi sebuah pernyataan yang ditandatangani presiden Ghana tersebut.

Lihat juga...

Isi komentar yuk