Koperasi Diharapkan Jadi Penggerak Perekonomian Indonesia

229
Ilustrasi logo koperasi baru - Dokumentasi CDN

BUKITTINGGI — Koperasi Alumni Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat, diharapkan berfungsi sebagai simpul dari unit-unit usaha para anggotanya di berbagai daerah agar menjadi penggerak perekonomian Indonesia.

Ketua Koperasi Alumni Bung Hatta, Yosef Rahmadi, mengatakan koperasi yang digagas oleh alumni tersebut diperuntukkan bagi lebih kurang 40.000 lulusan yang tersebar di berbagai daerah.

“Kalau kita berpikir untuk bisnis yang besar itu terlalu muluk-muluk, oleh sebab itu koperasi ini akan menjadi simpul dari unit usaha yang dimiliki oleh alumni,” katanya, Minggu (12/8/2018).

Untuk langkah awal pihaknya akan menghimpun dan mewadahi usaha yang dimiliki oleh seluruh alumni. Setelah seluruhnya terhimpun dan terdata, baru kemudian dilanjutkan ke bidang jasa serta perdagangan.

“Visi kami adalah operasi ini akan menjadi motor penggerak dari perekonomian Indonesia, mengingat besarnya potensi alumni,” katanya.

Ketua Umum DPP IKB Alumni Universitas Bung Hatta, Ike Agung mengatakan, pada dasarnya kegiatan perkumpulan alumni lebih pada kegiatan sosial, akan tetapi mulai mengarah pada kegiatan sosial ekonomi.

Ia mengharapkan, koperasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak, mulai dari alumni, kampus serta mahasiswa.

“Koperasi nanti membuat usaha-usaha yang dapat membantu sesama alumni, mahasiswa serta universitas,” kata dia. Ia menambahkan, koperasi ini didirikan dengan konsep kebersamaan dan kekeluargaan.

“Konsep itu selaras dengan gagasan Bung Hatta, Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yang juga dikenal sebagai Bapak Koperasi, dan diabadikan sebagai nama uiversitas kami,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...