Korupsi RAPBN-P 2018, KPK Periksa Sejumlah Saksi

Editor: Mahadeva WS

940
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah - Foto Eko Sulestyono

JAKARTA — Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (6/8/2018) hari ini, mengagendakan pemeriksaan Puji Suhartono, Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Suhartono akan menjadi  sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi, RAPBN Perubahan 2018.

Penyidik KPK juga memanggil saksi lain dalam kasus tersebutm diantaranya, Suherlan, staf ahli Fraksi PAN DPR, Hanto Matuan dan Repinus Telenggen dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aditia Utama dari unsur karyawan swasta. “Senin (6/8/2018), penyidik KPK memanggil dan meminta keterangan sejumlah saksi untuk tersangka AMN (Amin Santono)” jelas Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Senin (6/8/2018).

Hingga saat ini, penyidik KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Ada nama Amin Santono oknum Anggota Komisi XI DPR RI, kemudian Eka Kamaluddin (perantara), dan Yaya Purnomo (Eks Pejabat Kemenkeu) yang ditetapkan sebagai tersangka penyuap. Selain itu, KPK menetapkan seorang kontraktor Ahmad Ghiast sebagai tersangka karena diduga memberi suap kepada Amin.

Menurut Febri, sumber dana untuk suap tersebut diduga berasal dari sejumlah kontraktor di wilayah Sumedang, Jawa Barat. Tersangka Ahmad Ghiast diduga berperan sebagai koordinator sekaligus pengepul dana dari para kontraktor tersebut. Sampai saat ini, KPK berhasil menyita barang bukti berupa emas seberat 1,9 kilogram, uang Rp1,8 miliar, SGD 63 ribu, dan USD 12.500, yang semuanya ditemukan di apartemen Yaya. Kemudian, mobil Rubicon milik Yaya juga disita KPK.

Petugas KPK juga melakukan penggeledahan di sejumlah Rumah Dinas Anggota DPR RI dari fraksi PAN, apartemen tenaga ahli Fraksi PAN dan rumah pengurus PPP. Dari penggeledahan di apartemen tenaga ahli fraksi tersebut, KPK menyita satu unit mobil Toyota Camry. Sementara dari rumah pengurus PPP, KPK menyita uang Rp1,4 miliar yang diduga sebagai suap atau gratifikasi.

Baca Juga
Lihat juga...