hut

KPAI Desak Disdik di Daerah Buat Program Sekolah Ramah Anak

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

JAKARTA — Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti mendesak Dinas Pendidikan di berbagai daerah untuk segera melaksanakan program Sekolah Ramah Anak (SRA). Indikator SRA adalah sekolah tidak mengedepankan hukuman dalam pembinaan terhadap siswanya.

“Tidak ada lagi guru menghukum siswa tapi mengutamakan pemberian penghargaan pada siswa yang melakukan perbuatan positif dan menerapkan disiplin positif dalam menangani siswa bermasalah,” katanya saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (13/08/2018).

Retno pun mendorong Kemdikbud dan Kemenag untuk menjalankan program peningkatan kapasitas guru dalam pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas. Hal tersebut sangat diperlukan untuk menghindari kekerasan terhadap siswa.

“Agar kasus yang di Purwokerto berupa penamparan yang dilakukan guru inisial LK terhadap siswa inisial L tidak terulang,” pungkasnya.

Selain itu, KPAI meminta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk bersinergi dengan lembaga terkait agar program SRA yang sempat mandeg hingga dua tahun, segera terlaksana.

Lihat juga...