KPK Apresiasi PN Kota Medan yang Tolak Gugatan Sidang Praperadilan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.265
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan Pengadilan Negeri (PN) Kota Medan menolak seluruh gugatan praperadilan yang diajukan empat orang tersangka kasus dugaan korupsi yang menyeret 38 oknum mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumut.

“Kami mendapatkan informasi bahwa gugatan persidangan praperadilan yang diajukan empat tersangka mantan anggota dewan ditolak seluruhnya oleh pihak majelis hakim PN Kota Medan. Hakim mengabulkan eksepsi penyidik KPK dalam putusan sela yang dibacakan hari ini,” jelas Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Disebutkan, KPK telah menyerahkan sejumlah dokumen terkait jawaban duplik yang diperlukan dalam persidangan. Dalam dokumen, penyidik menyampaikan, sebenarnya PN Kota Medan tidak berwenang menggelar persidangan gugatan praperadilan yang diajukan sejumlah tersangka.

“Sesuai dengan peraturan dan lokasi keberadaan KPK di Jakarta, persidangan gugatan pra peradilan seharusnya digelar di Gedung PN Jakarta Selatan,” sebutnya.

Hal tersebut mengacu pada letak dan lokasi Gedung KPK Merah Putih yang berada di Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan. Selama ini hampir seluruh kasus gugatan persidangan pra peradilan selalu digelar di Gedung PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan.

Febri menyatakan, pihaknya mengapresiasi keputusan majelis hakim yang menolak persidangan gugatan praperadilan tersebut. Dengan adanya pembatalan dipastikan penanganan berlanjut.

Sementara itu empat orang anggota dewan yang telah ditetapkan sebagai tersangka masing-masing Washington Pane, Muhammad Faisal, Syafrida Fitrie, dan Arifin Nainggolan. Pengajuan persidangan gugatan pra peradilan dilakukan tersangka karena mereka menganggap bahwa penyidik KPK masih belum cukup bukti terkait penetapan status tersangka kepadanya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.