Kue Cucur, Kuliner Manis Penarik Wisatawan di Kuta

Editor: Mahadeva WS

199
Supatmi Wati, salah seorang penjual kue Cucur atau Kucur di kawasan objek wisata pantai Kuta, Badung, Bali.-Foto: Sultan Anshori.

BADUNG – Kue Cucur, merupakan salah satu makanan tradisional. Camilan tradisional tersebut, dibuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, dan gula merah yang dibuat agak cair.

Dahulu, kue Cucur, di Bali termasuk kue yang mudah dijumpai. Kue Cucur banyak dijual di toko atau warung pinggir jalan, sebagai pelengkap kudapan. Namun kini, keberadaan kue Cucur sulit ditemukan. Hanya pada momen tertentu kuliner salah satu jajanan pasar tersebut, bisa ditemukan.

Meski begitu, masih ada satu orang yang hingga saat ini tetap menjual kue Cucur di kawasan Pantai Kuta, Supatmi Wati. Penjual nasi di Pantai Kuta, Badung tersebut hingga kini masih tetap menjual kue Cucur. Berjualan kue cucur sudah dilakoninya, hampir tiga tahun belakangan.  “Sudah lama mas,” ujar Supatmi Wati saat ditemui Sabtu, (25/8/2018).

Menurut Supatmi Wati, selain untuk bisnis, tujuan utamanya menjual kue Cucur tidak lain untuk tetap melestarikan jajan tradisional tersebut. Kawasan Kuta yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang berlibur menjadi sasaran untuk dikenalkannya Kue Cucur. “Kadang ada juga wisatawan asing, yang nanya ini kue apa? Dan pada akhirnya  mereka membelinya. Mereka  mengaku suka karena manis katanya,” kata wanita asal Jember, Jawa Timur tersebut.

Harga jual kue Cucur Rp1.000 per bijinya. Kue Cucur dibuat sendiri. Dalam sehari Supatmi Wati bisa menjual 30 kue Cucur. “Tidak banyak memang mas, tapi adalah,” tandas ibu dengan empat anak tersebut.

Seperti diketahui, kue Cucur atau Kucur merupakan jajanan khas Nusantara. Kue ini dapat ditemui dibeberapa tempat di Indonesia termasuk di Bali. Kue Cucur, bentuknya seperti kue serabi tapi berwarna coklat. Bagian tengah dan pinggirnya punya tekstur yang berbeda. Bagian tengah lebih padat dan berserat. Sementara bagian pinggirnya lebih tipis dan keriting garing.

Pada umumnya, Kue Cucur memiliki aroma gula merah yang harum. Namun, diberbagai daerah, kue Cucur diberi pewarna makanan, agar memiliki  tampilan yang menarik untuk dimakan. Kue Cucur paling enak disantap, saat masih hangat atau baru matang.

Lihat juga...

Isi komentar yuk