Latihan Ketinggian, Kuatkan Daya Tahan Timnas Balap Sepeda

Editor: Satmoko Budi Santoso

237
Para pebalap sepeda andalan Indonesia saat tampil di Tour de Indonesia. Mereka akan bertarung di nomor road race di Subang. Foto: icf.id

SUBANG – Pembukaan Asian Games 2018 kian dekat. Pematangan persiapan terus dilakukan cabor yang akan bertanding termasuk balap sepeda. Timnas balap sepeda dipastikan siap mempersembahkan yang terbaik setelah menjalani altitude training atau latihan di ketinggian untuk daya tahan dan kekuatan.

Budi Saputra, Manajer Pelatnas Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) mengungkapkan, altitude training dilakukan timnas balap sepeda saat menjalani try out di Melbourne, Australia, bulan lalu. Ia menilai, progres timnas selama try out sudah cukup baik.

“Di sana ada satu program yang dinamakan altitude training yang dilakukan di ruangan simulasi, nah pogram itu membuat anak-anak berbeda,” kata Budi seperti dilansir laman resmi Asian Games.

Budi mengungkapkan, di ruangan simulasi tersebut, Aiman Cahyadi dkk menjalani simulasi latihan seolah-olah mereka berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan kadar oksigen 14 persen. Setelah menjalani latihan tersebut, progres Aiman pun terlihat ketika mengikuti kejuaraan Australia Nasional Series.

Pada hari pertama kejuaraan, Aiman berada di urutan 8. Aiman memperbaiki posisinya di hari kedua dengan menempati posisi empat di 5 kilometer terakhir. Tapi sayang, Aiman belum beruntung setelah rantai sepedanya putus.

Lima atlet balap sepeda yakni Aiman Cahyadi, Jamal Hibatullah, Dadi Suryadi, Robin Manullang, dan Adrian Hidayat disiapkan turun di nomor road race Asian Games 2018 yang akan digelar di Subang, Jawa Barat. Budi menegaskan, altitude training tidak semata dilakukan untuk persiapan balapan di Subang yang ketinggiannya kurang dari 1.50 meter.

Altitude training, lanjut Budi, memang disiapkan untuk kekuatan dan daya tahan atlet agar performanya naik. “Jadi apa pun, dan di mana pun arenanya, latihan ini akan sangat menunjang,” kata Budi.

Saat ini, timnas balap sepeda telah kembali ke Indonesia setelah menjalani kamp pelatihan dan try out di Melbourne. Budi kembali menegaskan bahwa perkembangan di Australia cukup bagus. “Itu jadi modal kita,” sambung pelatih kepala timnas balap sepeda, Dadang Haris Purnomo.

Aiman sendiri tengah melanjutkan latihan di Subang, Jawa Barat sebagai persiapan menyambut Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang.

Baca Juga
Lihat juga...