Layani Asian Games, Dishub DKI Siapkan 425 KDO

Editor: Mahadeva WS

194

JAKARTA – Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan 425 unit Kendaraan Dinas Operasional (KDO) untuk menyukseskan Asian Games 2018. KDO tersebut merupakan kendaraan roda dua.

“Pertama untuk roda dua 250 cc berjumlah 177 (unit), 650 cc berjumlah 34 unit,1.600 cc berjumlah dua unit. Tetapi jumlah keseluruhan yang dipergunakan untuk Asian Games baik yang lama maupun yang baru sekitar 425 unit,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah, Rabu (8/8/2018).

Kendaraan roda dua ini akan menjadi pengiring sekaligus pembuka jalan bus-bus yang dinaiki atlet. Sementara untuk bus atlet, PT Transjakarta menyiapkan 350 bus. “Kita menyiapkan 300 bus transjakarta, kemudian di tambah lagi kemarin 50 unit, jadi jumlahnya 350 untuk mobilisasi atlet dan ofisial,” tambahnya.

Armada transjakarta, juga akan digratiskan untuk masyarakat umum pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu), selama Asian Games berlangsung. Ada 1.700 unit bus yang disiapkan untuk angkutan gratis tersebut.  “Untuk mendukung kegiatan Asian Games kita akan menyiapkan sekitar 120 bus untuk mengangkut siswa menonton Asian Games,” tambahnya.

Dinas Perhubungan juga menyewa beberapa kendaraan untuk mendukung kegiatan ofisial dan tamu negara. Dishub juga menyewa 1.038 armada, yang terdiri dari berbagai macam mobil. Kendaraan tersebut untuk mengangkut peralatan dan barang-barang para atlet.

Selain itu, akan ada 497.097 orang petugas yang ditugaskan selama Asian Games. Petugas Dishub akan bertugas mengatur lalu lintas serta pemandu mobilitas kendaraan atlet dan ofisial. “Petugas nantinya akan bertugas dalam pengendalian kualitas serta pengemudi kendaraan yang akan digunakan, baik sebagai sarana pemanduan maupun sarana mobilitas atlet panitia dan penonton Asian Games dan Asian Para Games,” tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) membekali diri secara maksimal untuk melayani Asian Games 2018 di Jakarta. “Asian Games nanti bukan sekadar melaksanakan tugas yang sudah ada tupoksinya dari Pemprov DKI Jakarta. Saudara-saudara melaksanakan tugas untuk mengemban amanah Jakarta nama baik Indonesia,” pungkas Anies.

Baca Juga
Lihat juga...