Lebih 250 Offroader Ramaikan Lapangan Medan Nan Bapaneh

Editor: Koko Triarko

213
PAYAKUMBUH – Lebih dari 250 peserta Wirabraja Merah Putih Adventure Extreme Offroad 2018, meramaikan Lapangan Medan Nan Bapaneh (LMNB) Objek wisata Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Sabtu (4/8/2018).
Wirabraja Merah Putih Adventure Extreme Offroad 2018 ini, merupakan bagian dari rangkaian memperingati HUT ke-73  RI. Danrem 032/Wirabraja, Mirza Agus, yang membuka secara resmi kegiatan tersebut, berpesan agar 250-an offroader tetap menjaga keselamatan masing-masing personel serta saling menolong rekan yang kesulitan atau terjatuh.
“Di samping untuk mengikat silaturahmi, kami ingatkan semangat sportivitas tetap dijunjung tinggi, jangan terlalu berambisi jadi juara untuk mengejar besarnya hadiah, tapi menyampingkan kepekaan rasa. Itu bukan jiwa patriot. Patriot itu kejar sukses bersama-sama. Jangan ragu, semua peserta akan meraih hadiah. Tetaplah jaga kekompakan, saling meringankan dan jujung sportivitas,” ujarnya, Sabtu (4/8/2018).
Pembukaan iven ini disambut antusias oleh masyarakat setempat. Ribuan masyarakat menyaksikan Wirabraja Merah Putih Adventure Extreme Offroad 2018 tersebut.
Danrem 032/Wirabraja, Mirza Agus, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Wirabraja Merah Putih  Adventure Extreme Offroad 2018, meramaikan Lapangan Medan Nan Bapaneh (LMNB) Objek wisata Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat/Foto: M. Noli Hendra
Medan yang ditempuh para offroader cukup menantang, yang memancing adrenalin akan menelusuri jarak sekitar 6 – 10 km di tambah dengan turunnya hujan tadi malam di kawasan Kenagarian Sarilamak dan Taram Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.
“Iven ini dibagi dua kelas, yaitu Kelas  Adventur dan Ekstreme, dengan memperebutkan hadiah yang cukup besar dan doorprize menarik,” jelasnya.
Danrem 032 Wirabraja, Mirza Agus, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mengapresiasi dan mendukung suksesnya iven ini.
“Sebenarnya, HUT ke-33 Korem 032 Wirabraja jatuh pada 6 Januari 2018 lalu, dan berbagai kegiatan telah kita mulai sejak Januari, pada bulan April telah digelar Run 10 K. Wirabraja Merah Putih 2018, sengaja kita rangkaikan dengan momen HUT RI dan semangat Asian Games 2018, untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan kebersamaan, dan Luak Lima Puluah adalah pilihan kita”, sebutnya.
Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, menyampaikan rasa bangganya kepada Danrem beserta jajaran dan peserta offroader, yang ikut berkonstribusi dalam iven tersebut.
“Selamat HUT ke-33 Wirabraja 2018, semoga TNI semakin di hati rakyat. Terima kasih ditunjuknya Payakumbuh sebagai  tuan rumah, meskipun pusat iven dilaksanakan di Kabupaten Limapuluh Kota,” ucapnya.
Menurutnya, dengan kebersamaan dalam iven ini, Pemko Payakumbuh berharap iven tersebut membawa berkah bagi Payakumbuh. “Hal ini mengingat Payakumbuh adalah kota wisata, kota kuliner dan pusat rendang,” kata Riza.
Ketua DPRD, YB Dt. Parmato Alam juga mengapresiasi Danrem 032 Wirabraja beserta jajaran dan peserta offroader yang ikut berkonstribusi dalam iven tersebut.
“Suatu kebanggaan, karena Kota Payakumbuh dipercayai sebagai tuan rumah. Hal ini adalah bentuk upaya membangun komunikasi yang baik di lintas sektoral melalui iven kerakyatan,” sebutnya.
Ia menilai, esensi iven adalah instrumen silaturahmi, guna meningkatkan kebersamaan dalam menjawab tantangan zaman ke depan. Walau Payakumbuh Kota kecil, tapi Payakumbuh akan tampil akbar dengan berbagai iven.
Selain itu, Pengurus Pengda Iof Sumatera Barat menekankan kepada offroader, agar menggelar aksi di areal yang telah disiapkan.
“Luak Limapuluh memang hebat, 250-an affroader ikut andil. Dibandingkan dengan iven yang sama di Padang, dulu, peserta hanya sekitar 150 orang,” katanya, memuji.
Ketua Pelaksana Dandim 0306/50 Kota, melalui Danramil Harau, Munawar, menjelaskan sebelumnya peserta mendaftar sebanyak 310 orang untuk cabang adventure fun dan adventure extreme. Kini dari 250 lebih offroader itu tergabung dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Kepri, Jambi dan dari Pulau Jawa.
Baca Juga
Lihat juga...