hut

Lembaga Pendidikan Perlu Antisipasi Perkembangan Teknologi Informasi

Ilustrasi teknologi informasi, - Foto: Dokumentasi CDN

LANGGUR — Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Heronimus Rettobjaan, mewakili bupati meminta lembaga pendidikan di daerah itu untuk mengantisipasi perkembangan di berbagai bidang, terutama teknologi informasi.

“Saat ini kondisi kehidupan sosial terus berubah dan perubahannya semakin cepat. Karena itu, kita perlu membentenngi generasi muda kita agar terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif yang ada, serta membekali mereka agar mampu memanfaatkan segala permintaan akses informasi serta perubahan-perubahan secara bijak,” katanya.

Heronimus menyatakan hal itu saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ke-70 SMP Budhi Mulia Langgur, Rabu (1/8/2018).

Menurut dia, selain terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu, lembaga pendidikan harus menanamkan moral dan akhlak yang baik kepada peserta didik agar kelak berguna bagi masyarakat.

“Sebagai salah satu SMP terbaik di Malra, diharapkan momentum perayaan 70 tahun ini semakin mendorong SMP Budhi Mulia Langgur untuk terus maju dan mempertahankan eksistensinya di tengah perkembangan zaman.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Budhi Mulia Langgur, Viktor Sikteubun mengungkapkan sekolah ini terus berupaya menciptakan lulusan yang berkualitas agar berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, sesuai moto “kita belajar bukan untuk sekolah melainkan untuk hidup.

“Pada momen ini saya mengajak seluruh stekholder, khususnya alumnus, untuk melihat almamater kita dalam tiga fase, dulu, sekarang dan akan datang,” katanya.

Secara historis, kata Victor, SMP Budhi Mulia telah mengukir tinta emas namanya dalam hati lebih dari 17.000 alumnus sebagai insan cerdas beriman yang mengisi dan mewarnai lembaran hidup masyarakat Malra hingga ke mancanegara.

“Tepat 1 agustus 1948 SMP Budhi Mulia Langgur telah lahir menjadi pemain tunggal di wilayah Larvul Ngabal, bahkan di wilayah timur Indonesia, memainkan perannya sebagai lembaga pendidikan yang mencerdaskan putra-putri bangsa, dari masa ke masa dengan berbagai prestasi,” katanya.

Bermodalkan sarana dan prasarana yang terbatas, SMP ini terus berjuang menghasilkan berbagai prestasi lulusan terbaik yang mampu berkompetisi dari masa ke masa.

Beberapa dekade terakhir ini banyak muncul sekolah setingkat SMP yang menciptakan iklim kompetitif, namun SMP Budhi Mulia terus berbenah diri dengan prinsip bukan jumlah tetapi mutu.

Ia juga menyatakan, regulasi pemerintah memberikan angin segar yang turut menghidupkan semangat sekolah swasta dalam perkembangan pendidikan.

“Hal ini mendorong kita untuk terus berbenah diri dan menghimpun serta melibatkan berbagai pihak untuk bergandengan tangan menjadikan SMP Budhi Mulia menjadi sekolah mandiri, berkualitas, dan berprestasi,” katanya.

Peringatan 70 tahun SMP Budhi Mulia Langgur terlaksana berkat kerja sama para pemangku kepentingan, termasuk para alumnusnya.

Ketua Panitia HUT ke-70 SMP Budhi Mulia Langgur, Dumatubun, menyatakan peringatan hari lahir sekolah ini mengusung tema “Bersama Membangun Budhi Mulia”. Selain mencanangkan Organisasi Alumni SMP Budhi Mulia Langgur, para alumnus juga memberikan bantuan bantuan uang tunai yang dikumpulkan dari seluruh angkatan. (Ant)

Lihat juga...