Membangun Iklim Kewirausahaan di Kalangan Siswa

Editor: Satmoko Budi Santoso

133

PADANG – Tiga daerah di Sumatera Barat dipilih menjadi lokasi diselenggarakannya rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang dalam rangkaian memperingati jelang HUT RI ke-73.

PT. Bukit Asam dan PT. Bhanda Ghara Reksa ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menyelesaikan sejumlah rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di wilayah Sumatera Barat.

Melalui keterangan SM CSR PT Bukit Asam Tbk, Kanthi Miarso, kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Sumatera Barat telah dimulai hari ini di Kota Padang, yang ditandai dengan acara pelepasan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ke Sulawesi Selatan.

“Ada tiga rangkaian acara yang dilaksanakan di tiga daerah di Sumatera Barat. Pertama di Kota Padang, dan selanjutnya Upacara HUT RI di Kabupaten Tanah Datar, dan di Kota Sawahlunto,” katanya, Jumat (10/8/2018).

Ia menjelaskan untuk pelepasan SMN 2018 pada tadi pagi sudah dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat. SMN ini perwakilannya dari siswa/siswi di Sumatera Barat yang berjumlah 22 siswa SMA dan 3 orang dari SLB.

“Mereka dibekali selama sepekan, baik dari sisi entrepreneurship, budaya, dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara alasan para siswa/siswa diberangkatkan ke Sulawesi Selatan, harapannya pemuda pemudi Indonesia dapat mengenal keragaman budaya yang ada di Indonesia, adat dan sumber daya alam di Indonesia, dan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan di masing-masing generasi muda.

“Begitu juga saat para siswa SMN asal Sumatera Barat ada di Sulawesi Selatan, juga mengenalkan budaya dan sumber daya alam yang ada di Sumatera Barat. Intinya SMN untuk menambah wawasan para generasi bangsa,” katanya.

Selanjutnya, bertepatan pada Upacara 17 Agustus, para BUMN ini akan dilakukan di depan Istana Baso Pagaruyung yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

“Suatu kebanggaan bisa melaksanakan Upacara HUT RI yang berlatarkan Rumah Gadang. Untuk itu diharapkan bisa mengangkat budaya yang ada di Sumatera Barat,” jelasnya.

Sedangkan untuk upacara, penyelenggara meminta semua BUMN yang ada di Sumatera Barat bisa mengirim minimal 10 orang perwakilan. Sesuai arahan dari Menteri BUMN, keberadaan BUMN akan berkiprah di daerah terpencil.

Ia juga menyebutkan, setelah upacara selesai diselenggarakan, maka kegiatan selanjutnya bergeser ke Kota Sawahlunto sampai 18 Agustus. Di sana ada jalan santai sejauh 5 km.

“Kami juga berharap partisipasi dari BUMN untuk bisa ada keterwakilan dalam kegiatan jalan santai,” tegasnya.

Menurutnya, sejumlah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan itu merupakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73. Kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri merupakan program dari Kementerian BUMN yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, pada momen hari kemerdekaan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.