Memorabilia Asian Games 1962 di Pameran Seni Koleksi Istana

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

251

JAKARTA — Kenangan Asian Games 1962, saat Indonesia menjadi tuan rumah dapat dinikmati di Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia dari 2 hingga 31 Agustus 2018. Tepatnya di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur No. 14. Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia dipamerkan arsip Asian Games ke-4 tahun 1962. Beberapa benda koleksi dari kolektor Ulin Yosron juga turut memanjakan mata pengunjung, di antaranya foto-foto dokumentasi acara, Keputusan Presiden (Kepres) RI hingga buku-buku.

“Kita kerja sama dengan kolektor Ulin Yusron untuk menghadirkan sejarah Asian Games 1962,” kata volunteer Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Silvia kepada Cendana News, Selasa (7/8/2018).

Selain itu, juga terdapat arsip terkait progres pembangunan gedung olahraga untuk kegiatan Asian Games 1962. Saat itu ada pembangunan massal, termasuk bersamaan dengan pembangunan tiga patung.

“Patung Pembebasan Irian Barat, Patung Selamat Datang, dan Patung Dirgantara atau dikenal dengan Patung Pancoran yang dibuat Edi Sunarso, “ paparnya.

Silvia
Silvia, volunteer Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Foto: Akhmad Sekhu

Selanjutnya, Silvia juga menunjukkan lokasi kegiatan Asian Games 1962. Dimana ada akomodasi untuk penginapan atlet di seputar kompleks Stadion Senayan Gelora Bung Karno.

“Kita juga memamerkan mars Asian Games 1962 dan tiket masuk acara pembukaan  yang harganya Rp250. Kalau dikonversikan di zaman sekarang bisa sekitar Rp4 juta,” ujarnya.

Dalam pameran tersebut, pengunjung juga dapat melihat medali, merchandise, pin, perangko hingga koran yang memberitakan kegiatan Asian Games 1962.

“Salah satu koran memberitakan tentang touch relly obor Asian Games yang diarak ke berbagai daerah di Indonesia,” tutupnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.