Merokok Bisa Sebabkan Sakit Punggung

1.333
Kesehatan, ilustrasi -Dok: CDN
JAKARTA – Jika Anda terbangun dengan kondisi punggung atau tulang belakang yang sakit, ada sejumlah alasan di balik itu. Sakit punggung biasanya berhubungan dengan postur yang salah saat kita berada di tempat kerja.
Namun, ada penyebab lain. Apa saja? Berikut lima alasan yang mungkin menyebabkan Anda sakit punggung, seperti dilansir Medical Daily;
Terlalu sering berjalan pakai high heels
Penggunaan high heels tak hanya bisa menegangkan otot punggung, tetapi juga bagian lain, seperti tendon Achilles, lutut, pinggul dan lainnya.
“Mengenakan heels membuat berat tubuh Anda tergeser pada bantalan kaki, jadi lutut, pinggul maju dan punggung harus lebih ke belakang untuk menjaga keseimbangan tubuh,” kata ahli podiatri, Jacqueline Sutera.
Risiko cedera juga meningkat, jika Anda kelebihan berat badan, tidak mengenakan ukuran yang tepat atau memilih tipe heels yang menyulitkan Anda berjalan.
Kasur Tidak Sesuai
Jika kasur Anda terlalu usang atau tidak cukup kuat, maka berpeluang menambah tekanan pada tubuh Anda, ketika harus beristirahat di malam hari. Keselarasan tubuh harus didukung dalam posisi netral. Ini tidak akan tercapai, jika permukaan tempat Anda tidur terlalu lunak atau terlalu keras.
“Jika Anda bangun di pagi hari dan mengalami nyeri punggung bawah dan peregangan 15 atau 30 menit bisa membantu, itu berarti kasur Anda tidak sesuai untuk Anda,” kata Dr. Michael Breus, dokter tidur WebMD.
Cedera Saat Mengangkat Benda Berat
Beberapa orang bisa saja lupa kalau sakit punggung muncul akibat terlalu beraktivitas berat di gym atau mencoba untuk memindahkan sesuatu yang terlalu berat. Itulah sebabnya, para ahli menekankan pentingnya peregangan dan melakukan latihan pemanasan sebelum kegiatan.
Sampai cedera telah sembuh, Anda harus menghindari melakukan apa pun yang dapat membebani punggung Anda.
Gejala Radang Sendi
Apakah mengganti kasur Anda tak membantu menyingkirkan rasa sakit saat bangun tidur? Jika rasa sakit berlangsung selama sekitar 30 menit di pagi hari dan kemudian menghilang, bisa jadi karena peradangan yang berhubungan dengan radang sendi.
“Mereka yang mengalami radang sendi, rasa sakit cenderung menjadi lebih baik di siang hari, tetapi kemudian di malam hari terasa sedikit lebih buruk,” kata Dr. Prakash Jayabalan dari Rehabilitation Institute of Chicago.
Punggung bawah, pinggul, dan tulang belakang adalah salah satu daerah paling umum terkena osteoartritis, yang cenderung terjadi selama dan setelah usia pertengahan.
Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko nyeri punggung kronis. Tembakau dapat mempengaruhi aliran darah dan pengiriman oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk tulang belakang.
Para peneliti juga percaya, bahwa merokok dapat berpotensi meningkatkan sensitivitas nyeri dan memperlambat penyembuhan, yang dapat membuat kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti fibromialgia, bahkan lebih parah. (Ant)
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.