Myanmar Siapkan ‘Tax Holiday’ Pengusaha Indonesia

1.339
Ilustrasi Investasi - Foto: Dokumentasi CDN

JAKARTA — Pemerintah Myanmar siap memberikan libur pajak (tax holiday) kepada pengusaha Indonesia yang berinvestasi di negara tersebut.

“Kami siap memberikan insentif pajak berupa tax holiday serta kemudahan berusaha maupun mendapatkan perizinan kepada pengusaha Indonesia,” ujar Kepala Investasi Myanmar, U Thuang Tun, usai bertemu dengan Ketua Kadin Indonesia di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Ia mengatakan Myanmar telah melakukan beberapa reformasi di berbagai bidang, antara lain, politik, hukum, maupun ekonomi.

“Kami memberikan jaminan hukum, transparansi, serta kepastian bagi mereka yang melakukan investasi di Myanmar,” ujar dia.

Bagi pengusaha yang ingin berinvestasi di Myanmar, lanjutnya, dapat mendaftar secara daring sehingga dapat memangkas proses pembuatan perizinan.

Selain itu, Myanmar mempunyai tiga kelebihan untuk investor asing. Pertama, letak negara Myanmar yang menghubungkan India dan China. Geografis negara Myanmar dapat menjadi pintu masuk pengusaha asing untuk mengembangkan bisnisnya ke kedua negara tersebut.

“Kedua, populasi penduduk yang sebesar 54 juta orang. Jumlah penduduk sebanyak itu merupakan pasar potensial bagi para investor,” kata dia.

Kemudian, upah buruh yang murah apabila dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN maupun yang berbatasan langsung dengan Myanmar. (Ant)

8

Baca Juga
Lihat juga...