Oryza Sativa Wakili Bali Berkompetisi Sains Nasional

Editor: Satmoko Budi Santoso

311
Oryza Sativa - Foto Sultan Anshori

DENPASAR – Siswi berprestasi MA Hidayatullah Denpasar, Oryza Sativa, akan mewakili MAN se-Bali ke ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang akan digelar di Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya, Oryza menjadi pemenang KSM Tingkat Provinsi Bidang Studi Fisika Integrasi yang diselenggarakan di MAN 1 Jembrana pada 25 Juli 2018. Ia mampu mengalahkan 200 peserta lain se-Bali dengan nilai 500.

“Jumlah peserta waktu lomba bidang studi fisika 19 orang dari jumlah peserta tingkat MI, MTS, MA, sekitar 200 peserta. Kami semua berasal dari utusan kabupaten/kota se-Bali. Motivasi saya bisa keluar sebagai juara satu yang pertama, tentu orang tua. Mereka selalu mendidik saya agar bersikap disiplin dalam segala hal, termasuk saat belajar. Hasilnya, alhamdulillah seperti ini, Kak,” ucap Oryza Sativa, saat ditemui, Kamis (2/8/2018).

Ia mengatakan, ke depan, perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti lomba di tingkat nasional yang akan digelar akhir tahun mendatang.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Hidayatullah, Lukman Hakim menjelaskan, potensi yang dimiliki Oryza Sativa memang sudah terlihat sejak duduk di bangku kelas 1.

Siswi tersebut sudah pintar dalam pelajaran Sains dan Matematika. Tidak hanya itu, Oryza juga mahir dalam mata pelajaran lain seperti Bahasa Inggris, menjadikan anak tersebut bintang kelas.

“Selain ada pembimbing khusus dari tim guru, anaknya juga suka belajar sendiri. Sejauh ini, ia mandiri dalam segala hal, termasuk saat proses belajar,” kata Lukman.

Selain itu, kepribadian siswi ini juga baik. Keseharian Oryza tergolong anak yang ceria dan sering amanah saat dipercaya menjadi pemimpin kelas.

“Oleh sebab itu, saya atas nama Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan MA Hidayatullah Denpasar, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ananda Oryza atas prestasi yang diraih selama ini. Ke depan, semoga KSM tingkat nasional di Bengkulu dapat juara 1 juga,” pungkas pria asal Lombok NTB ini.

Baca Juga
Lihat juga...