Paduan Suara GSC Raih Prestasi Gemilang di BICF

Editor: Satmoko Budi Santoso

141

MAUMERE – Paduan suara Gita Smater Choice (GSC) SMAK Frateran Maumere kembali meraih prestasi gemilang setelah dalam Bali Internasional Choir Festival (BICF) di Denpasar akhir Juli 2018 lalu meraih 5 gelar bergengsi.

“GSC kembali meraih gelar juara dan dalam BICF ini kami meraih lima gelar dalam kompetisi yang diikuti 144 paduan suara dari 14 negara di Denpasar, Bali Juli, lalu. Ini merupakan prestasi paling tinggi dari lima kompetisi yang kami ikuti baik di dalam maupun luar negeri,” sebut kepala sekolah SMAK Frateran Maumere, Frater M. Polikarpus, BHK, Kamis (9/8/2018).

Dikatakan Frater Poli, kelima gelar itu yakni winner kategori folklore (tropy winner dan gold medal level 7), second place kategori teenagers competition (gold medal nilai level 4) serta
second place kategori folklore championship (gold medal nilai 87).

Kepala Sekolah SMAK Frateran Maumere, Frater M. Polikarpus, BHK. Foto : Ebed de Rosary

“Kami juga meraih gelar third place kategori teenagers championship dengan menyabet medali emas dengan meraih nilai 87 dan special jury award for exceptional folklore staging,” terangnya.

“Dengan modal prestasi ini, kami membidik kompetisi di Praha, Cekoslovakia yang akan diikuti oleh peserta yang lebih banyak dari berbagai negara. Level perlombaannya pun lebih tinggi,” tuturnya.

Modal prestasi yang diraih di Bali, tambah Frater Poli. GSC, sudah layak bersaing di Praha. Pihaknya membutuhkan dukungan Pemda Sikka dan Pemprov NTT untuk membantu biaya perjalanan sebab dana yang dibutuhkan lumayan besar.

“Penampilan mereka di Bali sangat bagus sehingga mendapatkan penghargaan penguasaan panggung terbaik untuk lagu daerah. Prestasi gemilang itu semakin lengkap ketika pengumuman pemenang dilakukan di area Gong Perdamaian Dunia disaksikan 144 paduan suara dari 14 negara dan puluhan ribu orang dari dalam dan luar negeri,” bebernya.

Memasuki usia yang ke-13, sebut Frater Poli, dirinya merasa bangga menyaksikan daya juang 33 anak didiknya yang sudah memberikan prestasi terbaik dengan mencapai hasil yang luar biasa dan mengharumkan nama sekolah, Kabupaten Sikka serta NTT.

“Kami terus ikut kompetisi, padahal juara tidak dikalkulasi dengan uang. Seluruh biaya dan akomodasi juga ditanggung sendiri. Penghargaannya adalah ‘good will’, nilai yang tidak bisa
dikalkulasi dengan uang, ada sesuatu yang tidak bisa diungkapkan,” sebutnya.

Maria Magdalena, salah seorang orang tua murid mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Smater tersebut dan mengaku senang anak-anak paduan suara Gita Smater Choice bisa terus meraih prestasi di semua level baik lokal maupun internasional.

“Pengorbanan mereka berlatih selama 10 bulan membuahkan hasil yang positif. Mereka berlatih terus menerus dan tidak libur sekolah dan semua itu bisa mendapatkan prestasi ini. Tentu kami sebagai orang tua merasa bangga atas prestasi Smater ini,” ungkapnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.